ANALISIS PENGARUH PRESEPSI HARGA, CITRA MEREK DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ES KRIM DENGAN MEREK MIXUE DI KALANGAN MAHASISWA UKDW YOGYAKARTA

Wayan Leo Yogiyana (2024) ANALISIS PENGARUH PRESEPSI HARGA, CITRA MEREK DAN KELOMPOK ACUAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ES KRIM DENGAN MEREK MIXUE DI KALANGAN MAHASISWA UKDW YOGYAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11170280_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11170280_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia yang hanya memiliki dua macam musim dengan berada di lintas garis khatulistiwa membuat cuaca di Indonesia menjadi cenderung panas. Industri es krim merupakan salah satu industri yang mengalami perkembangan yang cukup signifikan di Indonesia. Hal ini dapat terlihat dari laju pertumbuhan majemuk (CAGR) dari industri es krim pada periode 2015 hingga 2019 dengan pertumbuhan sebesar 10,4%. Pertumbuhan ini menunjukkan peningkatan minat beli produk es krim. Es krim Mixue sedang booming untuk saat ini, Penjualan es krim Mixue meroket dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia karena sejumlah alasan. Pertumbuhan populasi dan pendapatan yang lebih tinggi mendorong tren ini, sementara suhu yang lebih hangat juga berkontribusi. Dalam hal ini salah satu faktor minat pembelian produk es krim dapat dilihat dari harga, citra merek dan kelompok acuan yang mana akan mendukung daya beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi harga, citra merek dan kelompok acuan terhadap keputusan membeli Es Krim Mixue mahasiswa di Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, terdapat variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas yaitu persepsi harga, citra merek dan kelompok acuan. Sedangkan untuk variabel terikat adalah keputusan membeli. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian es krim Mixue. Penentuan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode probability sampling, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 (seratus) responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis data regresi linear berganda, untuk melakukan uji koefisien determinasi (R²), uji F, dan uji t, dengan terlebih dahulu dilakukan pengujian instrument penelitian dengan uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian es krim Mixue pada mahasiswa UKDW Yogyakarta. Hal tersebut terbukti dengan nilai signifikansi Persepsi Harga sebesar 0,001 < 0,05, untuk Citra Merek nilai signifikansi sebesar (0,003 < 0,05), dan untuk Kelompok Acuan dengan nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05), hasil tesebut menunjukan variabel Persepsi Harga, Citra Merek dan Kelompok Acuan memiliki pengaruh terhadap Keputusan pembelian produk es krim Mixue.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Harga, Citra Merek, Kelompok Acuan dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > HF Perdagangan
H Ilmu Sosial > HG Keuangan
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Yoan Fenie Christina Khouw
Date Deposited: 22 May 2024 02:42
Last Modified: 22 May 2024 02:42
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8462

Actions (login required)

View Item View Item