INTERACTION BETWEEN INDONESIAN L2 LEARNERS’ GENDER AND ATTITUDES TOWARDS GROUP WORK

Janice Aulita (2022) INTERACTION BETWEEN INDONESIAN L2 LEARNERS’ GENDER AND ATTITUDES TOWARDS GROUP WORK. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180037_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180037_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui interaksi antara sikap mahasiswa perempuan dan laki-laki jurusan yang bukan Bahasa Inggris di Indonesia terhadap kerja kelompok di kelas bahasa Inggris sebagai bahasa target. Metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner diterapkan untuk mengumpulkan data. Jumlah peserta adalah 187 peserta mahasiswa yang bukan jurusan Bahasa Inggris universitas di Indonesia. Pengumpulan data telah dilakukan selama dua belas minggu dari bulan September 2021 sampai Januari 2022. Hasil data angket menemukan bahwa siswa laki-laki dan perempuan memiliki sikap positif yang tinggi terhadap penggunaan kerja kelompok untuk memungkinkan suasana belajar yang lebih baik. Partisipan penelitian ini memiliki sikap positif terhadap kerja kelompok untuk peningkatan diri mereka. Penelitian ini juga menemukan bahwa siswa laki-laki dan perempuan memiliki sikap yang tinggi terhadap belajar bersama dengan teman sekelasnya dalam kegiatan kerja kelompok. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara sikap mahasiswa laki-laki dan perempuan jurusan yang bukan Bahasa Inggris di Indonesia terhadap penggunaan kerja kelompok di kelas bahasa Inggris sebagai bahasa target. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi siswa dan guru saat melaksanakan kegiatan kerja kelompok di kelas bahasa Inggris sebagai bahasa target. This study was conducted to investigate the interaction between the attitude of female and male students of non-English majors in Indonesia toward group work in the English as target language (L2) classroom. A quantitative method by distributing questionnaire was applied to collect the data. The number of the participants were 187 participants of non-English major university students in Indonesia. Data collection has been carried out for twelve weeks from September 2021 to January 2022. The study found that male and female students had a positive attitude toward the use of group work to enable a better learning atmosphere. The participants of this study had a positive attitude toward group work for their self-improvement. The study also found that male and female students had a high attitude toward learning together with their classmates in group work activities. Furthermore, this study found that there was no significant difference between the attitudes of male and female university students of non-English majors in Indonesia towards the use of group work in L2 classrooms. Additionally, this study could become a reference for students and teachers while implementing group work activity in the L2 classroom.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Group work, English as target language (L2), gender, non-English students
Subjects: P Bahasa dan Literatur > PE Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Dhian Saraswati
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:17
Last Modified: 08 Feb 2023 03:17
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7366

Actions (login required)

View Item View Item