APLIKASI PENGELOLAAN KREDIT PEMBELIAN BARANG BERBASIS WEB STUDI KASUS : TOKO GABE NAULI

Ianne Clara Situmeang (2023) APLIKASI PENGELOLAAN KREDIT PEMBELIAN BARANG BERBASIS WEB STUDI KASUS : TOKO GABE NAULI. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72190308_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (6MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72190308_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan kredit pembelian barang pada toko Gabe Nauli dilakukan dengan cara pelanggan datang ke toko dan berbicara langsung pada penjual, namun penjual selama ini memberikan hutang tanpa meminta jaminan dari pelanggan, penjual juga tidak memberikan bunga pada pelanggan yang memiliki hutang pada toko. Pencatatan hutang masih menggunakan buku tulis menyebabkan penjual menjadi kesusahan dalam mengelola data hutang pelanggan, kesusahan dalam mencari data pelanggan menjadi masalah terbesar yang dihadapi penjual saat ini. Pembayaran hutang pelanggan juga menjadi rumit ketika penjual harus menjumlahkan hutang pelanggan satu persatu dengan menggunakan kalkulator, berkaitan dengan hal itu, sistem pengelolaan kredit pembelian barang dibangun untuk membantu penjual dalam mengelola data pelanggan, hutang, dan pembayaran hutang pada toko. Sistem ini digunakan penjual untuk membuat akun pelanggan yang akan digunakan pelanggan untuk mengajukan hutang, validasi pengajuan hutang , validasi pembayaran, mengelola data barang, kategori, jaminan dan cicilan. Pengembangan sistem ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) dengan mengikut langkah-langkah yang ada untuk mendapatkan kebutuhan pengguna. Langkah-langkah yang digunakan ada 5 tahap yaitu Tahap requirements analysis and planning, melakukan wawancara dan mempersiapkan data-data yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem yang diperoleh dari toko Gabe Nauli. Tahap design, merancang diagram use case, data flow diagram, diagram aktivitas, perancangan antarmuka dan membuat design entity relationsip diagram agar dapat menentukan relasi antara atribut yang nantinya akan membentuk sebuah database untuk digunakan sistem. Tahap development merupakan proses memasukkan bahasa program agar perangkat lunak dapat dibaca oleh komputer dengan menggunakan framework Laravel dan bahasa program PHP,HTML dan memakai database yaitu MySQL. Tahap testing, melakukan pengujian funsional perangkat dengan menggunakan metode black box, pengujian ini dilakukan untuk menguji funsional sistem dan melihat apakah sistem sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah sistem dapat mempermudah penjual dalam mengelola kredit pembelian barang, mulai dari melakukan validasi pengejuan dan pembayaran. Penjual dapat dengan mudah memantau kredit pelanggan serta mencari data yang diperlukan tanpa harus menggunakan buku tulis.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: sistem peminjaman, kredit, SDLC, pembelian barang, hutang
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
T Teknologi > Ekonomi Rumah Tangga
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:14
Last Modified: 09 Jan 2024 04:15
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7996

Actions (login required)

View Item View Item