PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP KINERJA SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Meirthy Nenabu (2023) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP KINERJA SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12190506_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12190506_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh partisipasi anggaran, akuntabilitas dan transparansi terhadap kinerja SMA dengan komitmen organisasi sebagai variabel moderasi. Pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling. Sampel yang digunakan yaitu 134 guru dari 14 SMA di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Data yang digunakan merupakan data primer dan diperoleh dari pengisian kuesioner oleh para guru. Analisis data dalam penelitian adalah Structural Equation Model (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dan WarpPLS 7.0 sebagai alat uji statistik. Hasil menunjukan bahwa partisipasi anggaran tidak berpengaruh terhadap kinerja sekolah, sedangkan akuntabilitas dan transparansi berpengaruh positif terhadap kinerja sekolah. Uji selanjutnya ditemukan bahwa komitmen organisasi memperlemah hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja sekolah, dan komitmen organisasi tidak memoderasi hubungan antara akuntabilitas dan transparansi terhadap kinerja sekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Anggaran, Akuntabilitas, Transparansi, Kinerja SMA dan Komitmen Organisasi
Subjects: H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5601 Akuntansi
H Ilmu Sosial > HJ Keuangan Publik
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST
Date Deposited: 05 Dec 2023 06:07
Last Modified: 05 Dec 2023 06:07
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7937

Actions (login required)

View Item View Item