Desmonth Misfa Ebenhaezer (2023) HUBUNGAN SCREEN TIME SMARTPHONE DAN INDEKS PRESTASI SEMESTER (IPS) TIGA (3) PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA ANGKATAN 2020. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Kedokteran)
41180227_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Kedokteran)
41180227_bab2 sd bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Jumlah pengguna smartphone di Indonesia diperkirakan telah mencapai angka 199,2 juta pada tahun 2021. Screen time didefinisikan sebagai waktu yang dihabiskan menonton televisi, bermain gim video atau menggunakan barang elektronik dengan layar. Performa akademik diukur dengan menggunakan indeks prestasi (IP). Indeks prestasi terbagi menjadi indeks prestasi semester dan indeks prestasi kumulatif. Tingginya screen time pada smartphone dapat memengaruhi performa akademis secara positif maupun negatif. Tujuan: Mengetahui hubungan antara screen time smartphone dengan indeks prestasi semester 3 pada mahasiswa fakultas kedokteran ukdw angkatan 2020 Metode: Penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan rancangan observasional analitik menggunakan pendekatan cross-sectional. Data primer didapat dari pengisian kuesioner untuk mengetahui persepsi dan intervensi responden, sedangkan data sekunder adalah data indeks prestasi semester mahasiswa yang didapat dari Bagian Administrasi Akademik FK UKDW dan data screen time yang didapat dari penelitian dengan judul Hubungan Screen time dengan Emotional Quotient pada mahasiswa FK UKDW angkatan 2020 oleh Anggitya Bayu Prakoso. Kriteria inklusi penelitian ini adalah: mahasiswa aktif FK UKDW angkatan 2020, dan memiliki smartphone dengan kemampuan akses data screen time. Kriteria Eksklusi penelitian ini adalah: mahasiswa FK UKDW yang sedang menggunakan obat-obat psikotropika dalam 1 bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil: Karakteristik demografi responden mayoritas berusia 19 tahun. Jenis kelamin responden didominasi perempuan dengan angka 64% dari total 80 responden. Rata�rata screen time smartphone responden adalah 7 jam 43 menit. Indeks prestasi semester 3 responden tertinggi adalah 3,8, terkecil 1,89, dengan rata-rata 3,02. Hampir seluruh responden memahami tugas yang diberikan oleh kampus, hanya 6% yang belum mampu memahami. Seluruh responden penelitian ini tidak menggunakan intervensi belajar berupa les ataupun pembelajaran diluar kampus. Berdasarkan uji korelasi Spearman, tidak didapatkan hubungan antara screen time smartphone dengan IPS 3 (p: 0,64). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara durasi screen time dengan indeks prestasi semester 3 pada mahasiswa Fakultas Kedokteran UKDW angkatan 2020.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Screen time, smartphone, indeks prestasi, intervensi belajar. |
Subjects: | L Pendidikan > Pendidikan (Umum) R Kedokteran. Medis > Kedokteran (Umum) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran |
Depositing User: | Jessica Dipta Novyana, A.Md |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 02:58 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 02:58 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7771 |
Actions (login required)
View Item |