L2 SPEAKING CONFIDENCE AND WILLINGNESS TO COMMUNICATE: A STUDY OF INDONESIAN HIGH SCHOOL STUDENTS

Wendy Fernando (2022) L2 SPEAKING CONFIDENCE AND WILLINGNESS TO COMMUNICATE: A STUDY OF INDONESIAN HIGH SCHOOL STUDENTS. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180036_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180036_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri berbicara bahasa kedua (L2) dari siswa sekolah menengah di Indonesia dan kesediaan mereka untuk berkomunikasi (WTC) dalam bahasa Inggris. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri berbicara siswa dan WTC. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online. Data dikumpulkan dari 159 siswa SMA dari beberapa daerah besar di Indonesia seperti Kalimantan (44%), Jawa (23,3%), Sulawesi (15,7%), Sumatera (10,7%), dan daerah lainnya (6,3%). Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan SPSS 25 untuk menjawab tiga tujuan penelitian yaitu “menemukan kepercayaan diri berbicara L2 siswa SMA Indonesia”, “menginvestigasi WTC siswa SMA Indonesia”, dan “menginvestigasi hubungan antara kemampuan berbicara siswa SMA”. Percaya diri berbicara L2 dan WTC di tingkat SMA”. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepercayaan diri berbicara L2 dan WTC sedang. Korelasi antara kepercayaan berbicara L2 dan WTC menunjukkan korelasi yang signifikan dan positif. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kepercayaan diri berbicara siswa, semakin tinggi WTC mereka. Studi ini menemukan banyak peserta menyatakan setuju bahwa mereka dapat berbicara bahasa Inggris bahkan ketika mereka tidak dapat memahami pelajarannya. Oleh karena itu, seorang guru dapat mendorong siswa untuk berbicara dan membiarkan siswa mempersiapkan konteknya. This study aims to determine the level of second language (L2) speaking confidence from high school students in Indonesia and their willingness to communicate (WTC) in English. This study also aims to find out a connection between students' speaking confidence and WTC. This research was conducted using a quantitative method by distributing online questionnaires. The data were collected from 159 high school students from several major regions in Indonesia such as Kalimantan (44%), Java (23.3%), Sulawesi (15.7%), Sumatra (10.7%), and other regions (6.3%). The data obtained were processed using SPSS 25 to answer three research objectives there were “to find the Indonesian high school students’ L2 speaking confidence”, “to investigate the Indonesian high school students’ WTC”, and “to investigate the relation between students’ L2 speaking confidence and WTC in high school level”. The results showed moderate level of L2 speaking confidence and WTC. The correlation between L2 speaking confidence and WTC showed a significant and positive correlation. It can be concluded that the higher the students' speaking confidence, the higher their WTC. The study found many participants expressed agreement that they could speak English even when they could not understand the lesson. Therefore, a teacher can encourage students to speak up and allow the students to prepare the context.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: L2 speaking confidence, WTC, correlation
Subjects: L Pendidikan > Pendidikan (Umum)
P Bahasa dan Literatur > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Kependidikan dan Humaniora > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:15
Last Modified: 08 Feb 2023 03:15
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7365

Actions (login required)

View Item View Item