Cindy Paulina Sembel (2022) AN ANALYSIS OF DIRECTIVE SPEECH ACTS BY AN INDONESIAN EFL TEACHER DURING ONLINE INSTRUCTION. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180044_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180044_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji teacher talk dalam pembelajaran online dengan menganalisis jenis-jenis tindak tutur direktif yang dilakukan oleh guru. Taksonomi Searle digunakan dalam penelitian ini untuk mengkategorikan berbagai jenis direktif dalam pembicaraan guru. Data dikumpulkan melalui observasi. Satu orang guru dan 22 mahasiswa EFL jurusan non-bahasa Inggris yang sedang mengikuti kelas bahasa Inggris menjadi partisipan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat 8 tindak tutur direktif yang teridentifikasi dalam data penelitian, yaitu: “bertanya” (36,2%), “memerintah” (30,4%), “mengundang” (10,1%), “meminta” (7,2%), "berdoa/berharap" (4,3%), "mengizinkan" (4,3%), "menasehati" (4,3%), dan "melarang" (2,9%). Selain jenis direktif tersebut, ada dua karakteristik penting yang diidentifikasi dalam penggunaan tindak tutur direktif oleh guru, yaitu: (1) penggunaan hedges; dan (2) banyaknya jumlah tindak tutur "bertanya" dan "memerintah". Studi ini memberikan contoh nyata kepada guru, peneliti, dan pengembang materi di bidang ELT yang relevan tentang bagaimana tindak tutur bahasa Inggris digunakan selama pengajaran online dalam konteks EFL di Indonesia.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Directive speech acts, EFL classroom, online instruction, teacher talk |
Subjects: | L Pendidikan > Teori dan Praktik Pendidikan P Bahasa dan Literatur > Bahasa Inggris |
Divisions: | Fakultas Kependidikan dan Humaniora > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 04:36 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 04:36 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7220 |
Actions (login required)
View Item |