61170244, Joaquim Gomes (2022) Perancangan Sekolah Dasar Luar Biasa Bagi Penyandang Tunanetra di Ibu Kota Dili dengan Pendekatan Indera. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Arsitektur)
61170244_bab1_daftarpustaka.pdf Download (17MB) |
|
Text (Skripsi Arsitektur)
61170244_bab2-sd-bab5_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Penyandang Tunanetra adalah kelompok disabilitas yang mengalami keterbatasan fisik dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Para penyandang disabilitas masih banyak yang belum mendapatkan hak-hak layak untuk memenuhi kebutuhan khusus dalam pendidikan. Hal ini berdasarkan data yang menunjukan bahwa fasilitas untuk kelompok disabilitas di Timor-Leste belum terwadahi dengan optimal. Meskipun dalam konstitusi sudah memberikan jaminan pada penyandang disabilitas di Timor-Leste, namun sampai saat ini belum terealisasi secara optimal. Penyandang disabilitas masih belajar di sekolah umun dan tidak mendapatkan fasilitas yang layak bagi mereka, dalam hal aksesilibtas juga masih sangat terbatas. Fenomena yang ditemukan saat ini adalah bagaimana ketersediaan fasilitas untuk penyandang disabilitas dalam dunia pendidikan masih sangan terbatas, sehingga perlu adanya perancangan sekolah luar biasa dengan fasilitas yang memadai bagi tunanetra, untuk mempermudah mereka dalam belajar dan beraktivitas serta untuk menujukan kemampuan yang ada dan menujukan prestasi pada masyarakat bahwa mereka layak untuk bersaing dalam pendidikan. Perancangan sekolah dasar luar biasa ini dilakukan dengan pendekatan terhadap arsitektur Indera, dimana perancangan berfokus pada bagaimana desain bangunan yang aksesibel serta mampu mempermudah aktivitas kelompok disabilitas dengan penyediaan fasilitas-fasilitas penunjang seperti ramp, guiding block, relling serta fasilitas pendungkung lainnya yang layak dan memenuhi standar-standar untuk orang berkebutuhan khusus.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: excellent school, accessibility, Sensory architecture |
Subjects: | L Pendidikan > Aspek Khusus Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Arsitektur |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 17 May 2022 02:25 |
Last Modified: | 17 May 2022 02:25 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6923 |
Actions (login required)
View Item |