IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PEMILIHAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR BAGI PELAJAR SMA DI YOGYAKARTA BERBASIS WEB

23070203, ALEXANDER KRISANANTO (2012) IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PEMILIHAN LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR BAGI PELAJAR SMA DI YOGYAKARTA BERBASIS WEB. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23070203_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23070203_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan sebuah lembaga bimbingan belajar yang tepat sesuai dengan beberapa aspek, tidak terlalu sulit bagi beberapa orang. Bahkan dari sekian orang tersebut mampu memilih tanpa memikirkan beberapa aspek, namun bagi sebagian lagi, memilih sebuah lembaga dapat sangat sukar untuk dilakukan. Banyak kriteria yang menjadi bahan pertimbangan mereka. Informasi dengan berbasis teknologi dapat menjadi salah satu alat untuk membantu pemilihan lembaga bimbingan belajar yang sesuai dengan keinginan. Dalam skripsi ini dibuat sistem pendukung keputusan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk memilih lembaga bimbingan belajar yang tepat sesuai degan kriteria. Kriteria yang diperhitungkan adalah jumlah biaya yang harus dikeluarkan, jumlah alumni yang telah diluluskan dalam ujian masuk perguruan tinggi, jumlah lokasi yang mampu diakses, dan tingkat daya tarik sebuah lembaga di masyarakat. Pengguna dapat melakukan pembobotan secara sederhana dan tanpa proses panjang untuk dapat menghasilkan sebuah pilihan alternatif. Alternatif yang disediakan juga akan diperbandingkan dengan menggunakan kriteria yang telah disebutkan. Keluaran sistem berupa tampilan peringkat alternatif yang sesuai dengan masukan kriteria. Sampel data yang digunakan adalah sampel data berupa biaya dan jumlah lokasi dari tiap-tiap lembaga bimbingan belajar yang menjadi alternatif yang diambil dari data lembaga, dan tingkat daya tarik dari masyarakat dan jumlah alumni yang diambil dari kuesioner masyarakat, dalam hal ini pelajar SMA kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AHP dapat digunakan untuk memilih lembaga bimbingan belajar yang tepat sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Selain itu konsistensi kriteria dan jarak data alternatif dalam AHP sangat berpengaruh dalam hasil alternatif yang diberikan.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Ms Lea Destiany
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:32
Last Modified: 02 Sep 2020 04:32
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3623

Actions (login required)

View Item View Item