PERANCANGAN PUSAT PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KELURAHAN BANJARHARJO DENGAN PENDEKATAN MATERIAL BERKELANJUTAN

Liborius Dimas Sangsi Sabari (2024) PERANCANGAN PUSAT PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KELURAHAN BANJARHARJO DENGAN PENDEKATAN MATERIAL BERKELANJUTAN. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Arsitektur)
61190458_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (13MB)
[img] Text (Skripsi Arsitektur)
61190458_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Kelurahan Banjarharjo merupakan salah satu kelurahan di Kapanewon Kulonprgo. Kelurahan ini terdiri dari 70% perbukitan dengan karakteristik fisik alam . Secara geografis tersebut mata pencaharian di Kelurahan Banjarharjo didominasi 41% pada sektor pertanian dengan hasil pertanian. Sebagian petani juga sudah berperan aktif dalam melakukan pengolahan hasil pertanian menjadi sektor olahan kuliner maupun diluar sektor kuliner, tetapi adanya keterbatasan dalam pemasaran hasil olahan tersebut karena akses pusat pemasaran yang jauh dan tidak bisa diakses setiap waktu, maka penulis merancang tempat pusat UMKM di Kelurahan Banjarharjo dengan menggunakan material yang ada di kawasan untuk meningkatkan efisiensi pembangunan, operasional, dan dapat meningkatkan kenyamanan termal dan visual. Metode Pengumpulan data : Metode pengumpulan data terdiri dari dua metode yaitu primer seperti wawancara, observasi, dokumentasi dan sekunder seperti literatur. Lokasi site : Lokasi site terletak strategis di Kelurahan Banjarharjo Kalibawang Kulonprogo yang merupakan pusat kegiatan dan pusat pemerintahan Kelurahan Banjarharjo. Batas barat Jalan utama penghubung Magelang-Wates, Timur view Sungai Progo, Utara Kecamatan Kalibawang, Selatan Kantor Kelurahan Banjarharjo. Konsep Desain : Konsep desain ini memaksimalkan penggunaan material berkelanjutan seperti kayu, bambu, pasir, beton, batu, bata, genteng, semen, dll. Perancangan tempat ini juga memperhatikan elemen berkelanjutan seperti pencahayaan menggunakan double skin facade, pengontrolan suara bangunan, pengorganisasian ruang secara ergonomi seperti detail bukaan, tata letak, serta keterhubungan antar lantai bangunan. Lapak penjualan menggunakan sistem booth dengan luasan kurang lebih 3x3 meter dan juga tetap mempertahankan konsep material berkelanjutan dengan material yang sesuai serta efisiensi ruang.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Pusat pemasaran; UMKM; Material berkelanjutan
Subjects: N Seni Rupa > Arsitektur
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Arsitektur
Depositing User: Beatrix Stefany
Date Deposited: 26 Mar 2025 01:45
Last Modified: 26 Mar 2025 01:45
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/9471

Actions (login required)

View Item View Item