PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN FINANCIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Ariadno Gracelius (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP MINAT INVESTASI DENGAN FINANCIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12200563_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12200563_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menyelidiki bagaimana hubungan antara Social Media Influencer (SMI) dan minat investasi, dengan meperhitungkan potensi Financial Self-Efficacy (FSE) pada generasi Z dan milenial. Melibatkan 46 responden pengguna media sosial yang sudah berinvestasi. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan Partial Least Squares Equation Modelling (PLS-SEM). Hasilnya menunjukkan hubungan negatif antara SMI dan minat investasi (path coefficient -0.378, p-value 0,121). FSE memiliki efek moderasi negatif pada hubungan tersebut (path coefficient 0.092 p-value 0,786), menunjukkan bahwa FSE dapat mengurangi dampak negatif SMI terhadap minat nvestasi.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Influenser Media Sosial, Efikasi Diri Keuangan, Perbandingan Sosial, Minat Investasi
Subjects: H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5601 Akuntansi
H Ilmu Sosial > HG Keuangan
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Beatrix Stefany
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:49
Last Modified: 25 Sep 2024 04:49
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/9008

Actions (login required)

View Item View Item