SISTEM SURVEY KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN DAN FASILITAS KAMPUS STUDI KASUS : UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA

Reynal Bryan Pademme (2024) SISTEM SURVEY KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP LAYANAN DAN FASILITAS KAMPUS STUDI KASUS : UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72190316_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72190316_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) dikenal sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi swasta yang terkemuka di Yogyakarta. Meskipun demikian, proses evaluasi terhadap fasilitas dan layanan di UKDW masih dilakukan secara manual dengan menggunakan kuesioner berbasis kertas. Metode ini tidak hanya rentan terhadap risiko kehilangan kuesioner tetapi juga memiliki potensi pemalsuan hasil survei. Untuk mengatasi kendala tersebut, sebuah sistem baru telah dirancang dengan menerapkan metode Skala Likert, yang melibatkan penggunaan kuesioner untuk mengumpulkan data dari responden. Skala Likert, sebagai alat pengukuran yang berguna untuk menilai sikap, pandangan, dan persepsi individu atau kelompok terhadap fenomena pendidikan, menjadi landasan dalam pengembangan sistem ini. Penelitian ini memiliki kontribusi signifikan dalam upaya pengukuran kualitas layanan dan fasilitas kampus, serta mendukung pengambilan keputusan strategis di UKDW. Aktor pada sistem ini yakni Responden dan Admin. Sistem yang dikembangkan menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) dengan memanfaatkan framework Laravel dan database MySQL. Dengan demikian, hasilnya adalah sebuah sistem survei kepuasan pengguna terhadap layanan dan fasilitas kampus yang telah berhasil dibangun. Harapannya, melalui penelitian ini, hubungan antara institusi pendidikan dan komunitasnya dapat diperkuat, sementara setiap unit di dalam institusi dapat lebih mudah mengembangkan layanan dan fasilitas yang berkualitas terbaik. Selain itu, sistem informasi ini juga diharapkan dapat menjadi alat yang efektif dalam mengelola dan mengoptimalkan layanan serta fasilitas yang tersedia di lingkungan UKDW. Secara keseluruhan, pengembangan sistem survei kepuasan pengguna ini menawarkan solusi yang lebih efisien dan terpercaya dalam mengevaluasi layanan dan fasilitas kampus. Dengan adopsi teknologi yang tepat, institusi pendidikan seperti UKDW dapat lebih responsif terhadap kebutuhan komunitasnya, serta mampu meningkatkan kualitas pelayanan secara berkelanjutan. Sistem ini diuji menggunakan metode black box yakni metode pengujian yang berfokus pada spesifikasi fungsional dari perangkat lunak. Hasil pengujian menunjukkan sistem sudah dapat berfungsi sesuai kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Sistem Survei , Layanan dan Fasilitas Universitas, Universitas Kristen Duta Wacana, Hypertext Preprocessor (PHP)
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
T Teknologi > T Teknologi (Umum)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Yoan Fenie Christina Khouw
Date Deposited: 16 May 2024 01:33
Last Modified: 16 May 2024 01:33
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8407

Actions (login required)

View Item View Item