PENGARUH TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA FK UKDW TAHUN KEDUA TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA PROSES PEMBELAJARAN HYBRID

Carolus Boromeus Tabuni (2023) PENGARUH TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA FK UKDW TAHUN KEDUA TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF PADA PROSES PEMBELAJARAN HYBRID. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41190342_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41190342_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran tatap muka masih diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan mengingat masih kurangnya kesadaran siswa untuk belajar mandiri di rumah dan kurangnya kesadaran literasi dalam kemampuan membaca dan mencari referensi. Pembelajaran hybrid meningkatkan kecemasan yang mengganggu keterampilan belajar siswa, seperti manajemen waktu, konsentrasi, metode pembelajaran, dan motivasi belajar. Tujuan: Untuk menilai pengaruh tingkat kecemasan mahasiswa FK UKDW tahun kedua terhadap Indeks prestasi kumulatif selama pembelajaran hybrid. Metode: Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional atau potong lintang. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana dari bulan Mei 2023 – Juni 2023. Jumlah sampel yang dibutuhkan untuk penelitian ini berjumlah minimal 42 sampel. Variabel dalam penelitian ini berupa Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), gejala kecemasan, jenis kelamin, dan usia yang diambil dari mahasiswa aktif FK UKDW angkatan 2021. Hasil: Sebanyak 42 responden yang terlibat yang sebagian besar (n=23 orang (54,8%) merupakan responden laki-laki. Sebagian besar responden tidak memiliki kecemasan (35,7%) serta sebanyak 14 (33,3%) responden mengalami kecemasan ringan. Sebagian besar responden memiliki IPK dalam rentangan baik (23 orang atau 54,8%). Hasil uji bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan mahasiswa terhadap IPK (p= 0,005). Berdasarkan sebaran data, ditemukan bahwa responden yang tidak memiliki kecemasan dan memiliki kecemasan ringan memperoleh IPK yang cenderung lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa dengan kecemasan sedang dan berat. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan terhadap indeks prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Duta Wacana tahun kedua dengan metode pembelajaran hybrid.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: pembelajaran hybrid, kecemasan, indeks prestasi kumulatif.
Subjects: R Kedokteran. Medis > Kedokteran Internal > Ilmu Syaraf. Psikiatri Biologis. Psikiatri Syaraf
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: Beatrix Stefany
Date Deposited: 21 May 2024 01:59
Last Modified: 21 May 2024 01:59
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8288

Actions (login required)

View Item View Item