Deborah Restuning Agung Wahyu Suharjo (2023) REFLEKSI DIRI MAHASISWA FK UKDW DALAM MENJALANI PEMBELAJARAN DARING. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Kedokteran)
41190338_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text (Skripsi Kedokteran)
41190338_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Pandemi memberi perubahan yang cukup signifikan pada berbagai sektor. Salah sataunya pada proses pembelajaran. Pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka diubah menjadi pembelajaran daring. Proses pembelajaran yang terhitung baru ini tentunya memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Salah satu cara untuk mengatasi kekurangan tersebut yaitu dengan melakukan refleksi diri. Refleksi diri penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan cara belajar dan membuka perspektif baru dalam menjalani pembelajaran daring di masa depan agar tujuan pembelajaran tetap tercapai. Tujuan Penelitian: Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran daring melalui refleksi diri mahasiswa. Metode dan Subjek Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan thematic analysis dan menggunakan data sekunder dari tulisan refleksi mahasiswa tentang evaluasi diri dalam pembelajaran daring. Subjek dalam penelitian ini yaitu tulisan refleksi mahasiswa FK UKDW angakatan 2020. Hasil Penelitian: Refleksi diri mahasiswa FK UKDW masuk kedalam 4 tema yaitu concrete experience berupa adanya aktifitas pembelajaran, tantangan internal, tantangan eksternal, dan dampaknya. Tema kedua reflective observation meliputi aspek perasaan positif dan negatif. Tema ketiga abstract conceptualization meliputi hal yang sudah baik dan hal yang kurang baik. Serta tema terakhir active experimentation yaitu rencana perbaikan diri, rencana perbaikan waktu, dan rencana perbaikan dalam strategi belajar. Kesimpulan: Faktor yang mendukung pembelajaran daring mahasiswa FK UKDW adalah perasaan-perasaan positif seperti rileks, bersyukur, berdoa, punya tujuan dan motivasi. Kendala yang didapatkan dalam penelitian yaitu adanya tantangan internal berupa distraksi, mudah mengantuk, sulit adaptasi, kurang konsentrasi dan terdapat tantangan eksternal berupa jadwal padat, kendala jaringan, keterbatasan dosen. Hal yang dapat diperbaiki kedepannya berupa perbaikan diri, perbaikan waktu, dan perbaikan dalam strategi belajar.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | refleksi diri, pembelajaran daring, mahasiswa FK, pandemi COVID-19 |
Subjects: | B Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi L Pendidikan > Pendidikan (Umum) L Pendidikan > Teori dan Praktik Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran |
Depositing User: | Beatrix Stefany |
Date Deposited: | 21 May 2024 02:02 |
Last Modified: | 21 May 2024 02:02 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8282 |
Actions (login required)
View Item |