Veronika Verasita Melani (2023) SISTEM PENGAWASAN DAN IDENTIFIKASI KESALAHAN PEMBAYARAN PADA E-COMMERCE BERBASIS WEB. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Sistem Informasi)
72190277_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf Download (7MB) |
|
Text (Skripsi Sistem Informasi)
72190277_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Perusahaan IPM merupakan perusahaan retail yang mengembangkan e-commerce untuk melakukan penjualan secara digital. E-commerce menyediakan pembayaran elektronik untuk membantu dalam proses transaksi penjualan, dimana menawarkan efisiensi transaksi, karena mudah, cepat dan hemat waktu. Di samping efisiensinya, pembayaran elektronik memiliki tantangan potensial adanya kendala pembayaran elektronik. Hal ini dapat menghambat proses transaksi penjualan dan menyebabkan kerugian pada sisi konsumen. Untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi perlu dilakukan proses pengawasan pada sistem pembayaran. Selama ini, proses pengawasan sistem pembayaran dilakukan dengan menjalankan query di database dan pengecekan transaksi pada Content Management System (CMS) yang membutuhkan waktu yang lama dan rentan terhadap kesalahan data. Dalam penelitian ini, dibuat sistem pengawasan dan identifikasi kesalahan pembayaran yang dapat mencatat transaksi penjualan dan kendala yang terjadi secara real-time. Untuk mempermudah proses pengawasan dan identifikasi kesalahan pembayaran, sistem dilengkapi dengan dashboard opersional yang menampilkan grafik kendala transaksi pada tiap alat bayar, fitur notifikasi, dan laporan kesalahan pembayaran. Tujuan dari pembuatan sistem ini adalah untuk membantu tim Payment Center, SRE dalam melakukan pengawasan, menemukan dan menganalisis kesalahan pembayaran serta mendukung dalam proses pengambilan keputusan oleh manager TI. Pengujian dilakukan dengan metode user acceptance testing (UAT). Pengujian UAT dilakukan dengan menjalankan scenario pengujian terhadap fitur sistem yang telah dibangun. Pengujian dilakukan untuk mengukur keberhasilan dan kesesuaian sistem dalam menyelesaikan permasalahan pengguna serta melihat fungsionalitas dari sistem. Hasil pengujian menunjukan bahwa sistem yang dibangun berhasil berjalan dengan baik dan membantu dalam menyelesaikan masalah pembayaran elektronik.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dashboard operasional, identifikasi kesalahan pembayaran, pembayaran elektronik, sistem pengawasan, user acceptance testing |
Subjects: | Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer T Teknologi > Teknologi (Umum) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi |
Depositing User: | Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 04:56 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 04:40 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7993 |
Actions (login required)
View Item |