PERBANDINGAN HASIL UJI BLOK MAHASISWA ANGKATAN 2018 PADA METODE PEMBELAJARAN LURING DAN DARING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA

Galih Putra Nugrahadi (2022) PERBANDINGAN HASIL UJI BLOK MAHASISWA ANGKATAN 2018 PADA METODE PEMBELAJARAN LURING DAN DARING DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41180299_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41180299_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendahuluan : Pembelajaran didefinisikan sebagai proses interaksi antara dosen dengan mahasiswa, yang dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Dampak COVID-19 begitu dirasakan oleh siswa dan mahasiswa karena mahasiswa melakukan pembelajaran dari rumah dalam pembelajaran daring tersebut. Tujuan penelitian ini dengan mengetahui perbedaan nilai akhir mahasiswa saat menjalani metode pembelajaran luring dan metode pembelajaran daring. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan penghitungan kuantitatif. Penelitian dengan menggunakan data sekunder yaitu nilai ujian blok saat metode pembelajaran luring serta metode pembelajaran daring. Pengambilan hasil ujian blok berdasarkan mahasiswa angkatan 2018 yang memenuhi kriteria inklusi maupun eksklusi, sehingga hasil tersebut dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk mencari perbedaan nilai akhir ujian blok mahasiswa saat menjalani metode pembelajaran luring dan metode pembelajaran daring. Hasil: Hasil analisis ujian blok didapatkan bahwa sampel yang memenuhi kriteria yaitu blok 2.02 (n = 99), blok 2.03 (n = 99) blok 2.05 (n = 99), blok 3.06 (n – 99), blok 3.08 ( n = 99), blok 3.08 (n = 99). Terdapat perbandingan hasil ujian blok antara blok 2.02 dengan blok 3.08 (Z = -4.804b, p = 0.00), blok 2.03 dengan blok 3.09 (Z = -7.436, p = 0.00), blok 2.05 dan 3.06 (Z = -8.403b, p = 0.00). Keseluruhan hasil menunjukkan adanya perbedaan yang kearah positif yaitu terdapat perbaikan hasil ujian blok antara luring dengan daring. Kesimpulan: Terdapat perbedaan antara hasil ujian blok antara metode pembelajaran daring dengan metode pembelajaran luring. Bagi penelitian selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penggalian data lebih mendalam mengenai alasan faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, COVID-19, ujian blok
Subjects: L Pendidikan > Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > Teori dan Praktik Pendidikan
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:20
Last Modified: 21 Mar 2023 03:20
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7549

Actions (login required)

View Item View Item