ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE (EFL) LEARNERS’ PERCEPTION TOWARDS THE USE OF YOUTUBE AS A LISTENING MEDIUM: A CASE STUDY

Natalia (2022) ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE (EFL) LEARNERS’ PERCEPTION TOWARDS THE USE OF YOUTUBE AS A LISTENING MEDIUM: A CASE STUDY. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81160007_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81160007_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy

Abstract

Mendengarkan adalah keterampilan penting dalam EFL dan sangat berkontribusi pada keberhasilan pembelajaran bahasa. Media yang sangat populer dan dapat memfasilitasi dalam pembelajaran mendengarkan adalah YouTube. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji sejauh mana pelajar EFL menggunakan YouTube sebagai media mendengarkan mereka dan untuk mengeahui persepsi partisipan terhadapnya. Metode penelitian campuran digunakan untuk menganalisis data kuesioner dari 24 mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Indonesia. Data menunjukkan bahwa di luar kelas, para peserta menggunakan YouTube sebagai media mendengarkan dengan frekuensi sebagai berikut: sering (45,8%); sangat sering (37,5%); dan kadang-kadang (16,7%). Di dalam kelas, mereka menggunakan YouTube sebagai media mendengarkan dengan frekuensi sebagai berikut: kadang-kadang (62,5%); sering (33,3%); dan sangat sering (4,2%). Berdasarkan data kualitatif, terdapat empat tema diidentifikasi: (1) siswa berpikir bahwa YouTube membantu mereka meningkatkan bahasa Inggris mereka; (2) menurut mereka YouTube menyediakan materi pembelajaran yang menarik; (3) mereka menganggap YouTube memberikan manfaat bagi pembelajaran mereka; dan (4) mereka berpikir bahwa YouTube memotivasi mereka untuk belajar bahasa Inggris. Temuan ini didukung oleh data kuantitatif yang menunjukkan bahwa siswa setuju (2,5<Mean<3,5) atau sangat setuju (3,5<Mean&#8804;4) dengan semua tema yang diidentifikasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: EFL, Listening, Learners’ perceptions, YouTube
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
P Bahasa dan Literatur > PE Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Inggris > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:31
Last Modified: 28 Sep 2022 04:31
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7219

Actions (login required)

View Item View Item