SISTEM PREDIKSI PERTANDINGAN SEPAK BOLA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

22053903, Daniel Alberto Walangare (2012) SISTEM PREDIKSI PERTANDINGAN SEPAK BOLA DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22053903_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22053903_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Prediksi pemenang suatu pertandingan sepakbola bukan hal yang mudah, karena harus memperhatikan faktor-faktor yang harus dimiliki sebuah tim untuk meraih kemenangan, baik faktor internal maupun eksternal, misalnya kualitas pemain, kualitas pelatih, semangat tim, faktor tuan rumah, serta faktor –faktor lain yang juga harus dipertmibangkan. Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk memprediksi pemenang suatu pertandingan sepakbola adalah mengimplementasikan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode AHP merupakan metode sistem pendukung keputusan dengan peralatan utama adalah sebuah hirarki fungsional dengan input utamanya persepsi manusia. Dengan hirarki, suatu masalah kompleks dan tidak terstruktur dipecahkan ke dalam kelompok-kelompoknya, kemudian kelompok-kelompok tersebut diatur menjadi suatu bentuk hirarki. Pada penelitian ini sistem dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0. Input data yang dibutuhkan program berupa data tim, data pemain dan data pelatih. Data pemain yang dibutuhkan untuk sistem adalah profil, atribut teknik, atribut mental dan atribut fisik. Data pelatih yang dibutuhkan adalah profil, atribut coaching dan mental. Data tim yang dibutuhkan adalah profil, nation dan liga yang diikuti. Pengujian dilakukan dengan melakukan pengujian terhadap pertandingan-pertandingan resmi tim-tim sepakbola yang telah bertanding sebelumnnya. Hasil pengujian persentase keberhasilan penentuan kemenangan suatu tim dipengaruhi oleh faktor kualitas pemain, pelatih, tiga pertandingan terakhir, instruksi pelatih, konflik internal, peran wasit, faktor tuan rumah dan rekor pertemuan kedua tim. Penentuan hasil akhir pertandingan didapat dari hasil poin yang telah diproses dengan metode AHP.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Lea Destiany
Date Deposited: 21 Jun 2021 02:26
Last Modified: 21 Jun 2021 02:26
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4323

Actions (login required)

View Item View Item