KOMPARASI ANALISIS SWOT DAN SPACE DALAM MENETAPKAN STRATEGI BISNIS BERDASARKAN KONDISI LINGKUNGAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN OUTSOURCING PT KARYA KINASIH ANUGERAH DI KOTA YOGYAKARTA)

12100774, MELATI DIYANI PUTRI (2015) KOMPARASI ANALISIS SWOT DAN SPACE DALAM MENETAPKAN STRATEGI BISNIS BERDASARKAN KONDISI LINGKUNGAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN OUTSOURCING PT KARYA KINASIH ANUGERAH DI KOTA YOGYAKARTA). Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12100774_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (699kB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12100774_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengomparasikan analisis SWOT dan SPACE dalam menetapkan strategi bisnis dan memformulasikan strategi fungsional yang tepat bagi PT Karya Kinasih Anugerah berdasarkan kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Analisis SWOT dilakukan dengan menganalisis lingkungan internal yang terdiri atas aspek pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, budaya dan lingkungan organisasi, sarana dan prasarana, manajemen perusahaan, reputasi dan loyalitas pelanggan, dan jaringan kerja serta lingkungan eksternal yang terdiri atas analisis STP (segmenting, targeting, positioning), analisis persaingan, dan analisis PEST. Sementara analisis SPACE dilakukan dengan menganalisis dimensi internal yang terdiri atas kekuatan keuangan dan keunggulan bersaing serta dimensi eksternal yang meliputi daya tarik industri dan stabilitas lingkungan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan wawancara mendalam dan penyebaran kuesioner sebagai teknik pengumpulan data untuk memperoleh data yang bersifat primer. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari data yang berasal dari perusahaan dan melalui studi pustaka. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa alternatif strategi dari analisis SWOT lebih baik untuk diterapkan bagi perusahaan daripada analisis SPACE. Kemudian dengan menggunakan matriks QSPM maka diperoleh strategi bisnis yang paling tepat bagi perusahaan berdasarkan lingkungannya adalah perluasan pasar baik secara demografis maupun geografis.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Analisis SPACE, Matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation), Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), Matrik QSPM (Quantitative Strategy Planning Matriks), dan Analisis Rasio Keuangan
Subjects: H Ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh
H Ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh > Manajemen. Manajemen Industri
H Ilmu Sosial > Keuangan
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Ms Claresta Erlinda
Date Deposited: 10 Jun 2020 02:43
Last Modified: 10 Jun 2020 02:43
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item