IDENTIFIKASI SENSE OF PLACE DI KAWASAN WISATA BUKIT AHUAWALI BERDASARKAN PERSEPSI PENGUNJUNG

Tutun Seliari and Galeh Primadani and Bahnur Salimin (2024) IDENTIFIKASI SENSE OF PLACE DI KAWASAN WISATA BUKIT AHUAWALI BERDASARKAN PERSEPSI PENGUNJUNG. Jurnal Arsitektur: Kolaborasi, 3 (1). pp. 48-60. ISSN 2808-2427

[img] Text (Artikel Publikasi)
Identifikasi Sense of Place di Kawasan Wisata Bukit Ahuawali Berdasarkan Persepsi Pengunjung.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Bukit Ahuawali yang berlokasi di Desa Ahuawali, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara, merupakan salah satu destinasi wisata berbasis alam yang berada di kawasan konservasi Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. Place (tempat) adalah sebuah keharusan dalam pariwisata, dimana sebuah tempat menjadi sebuah tujuan/destinasi dalam pariwisata. Sense of place merupakan konsep multidimensi yang menyiratkan hubungan emosional manusia dan tempat dan mempunyai fungsi untuk mengenali keunikan dari suatu tempat. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi konsep sense of place di Bukit Ahuawali berdasarkan persepsi pengunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan pengumpulan data kuantitatif melalui kuesioner yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini aspek sense of place di Bukit Ahuawali berupa elemen fisik: pemandangan menjadi hal yang paling sangat menarik dari elemen fisik lainnya yang berada pada kategori menarik meliputi penataan fasilitas, jalur tracking, penanda/signage, dan vegetasi/tanaman. Elemen aktivitas di Bukit Ahuawali berada pada kategori menarik menurut responden. Camping, menikmati alam, interaksi sosial, dan mendaki/tracking menjadi aktivitas utama yang dilakukan oleh responden. Elemen image/makna, mayoritas responden sangat setuju menjadikan Bukit Ahuawali sebuah destinasi yang populer. Persepsi responden sebelum kunjungan dan setelah kunjungan, melebihi dari ekspektasi ketika melakukan kunjungan dan beraktivitas di Bukit Ahuawali. Hal tersebut menunjukkan tingkat kepuasan pengunjung yang cukup tinggi terhadap Bukit Ahuawali sebagai sebuah destinasi. Permasalahan tentang sampah menjadi salah satu hal yang diungkap oleh responden sehingga memerlukan strategi pengelolaan yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ahuawali, Persepsi pengunjung, Rawa Aopa Watumohai, Sense of place, Wisata alam
Subjects: G Geografi. Antropologi. Rekreasi > GV Rekreasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain
Depositing User: Beatrix Stefany
Date Deposited: 06 Sep 2024 05:18
Last Modified: 06 Sep 2024 05:18
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/9097

Actions (login required)

View Item View Item