DESAIN LEVEL BERBASIS STORYBOARD PADA PERANCANGAN GAME EDUKASI AUGMENTED REALITY TAP THE TRASH

Matahari Bhakti Nendya and Budi Susanto and Gabriel Indra Widi Tamtama and Timotius Johan Wijaya (2023) DESAIN LEVEL BERBASIS STORYBOARD PADA PERANCANGAN GAME EDUKASI AUGMENTED REALITY TAP THE TRASH. Fountain of Informatics Journal, 8 (1). pp. 1-6. ISSN 25414313

[img] Text (Artikel Publikasi)
Desain Level Berbasis Storyboard.pdf

Download (845kB)

Abstract

Desain level merupakan sebuah proses dimana membuat pengalaman bermain yang menarik bagi pemain. Desain level mengkombinasikan berbagai macam elemen yang berupa level, mekanik, grafik dan suara. berbagai macam teknik desain level telah dikembangkan dan diimplementasikan dalam game baik 2D maupun 3D. Penelitian ini mencoba mengimplementasikan desain level pada game berbasis augmented reality. Dalam penyusunan level digunakan teknik storyboard yang umumnya dipakai dalam industri film dan televisi. Desain storyboard mengacu pada model storyboard experimental dimana model ini digunakan untuk memberikan perintah pada obyek tertentu. Hasil yang didapatkan model storyboard dapat diimplementasikan pada game dengan menggunakan flutter dan ARCore. Hasil pengujiannya menandakan adanya dinamika level dimana semakin tinggi levelnya maka player akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan objective game.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: level desain, storyboard, game, augmented reality, fluter, ARCore
Subjects: N Seni Rupa > NC Ilustrasi Desain gambar
Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
T Teknologi > T Teknologi (Umum)
Divisions: Artikel (Luar UKDW)
Depositing User: Beatrix Stefany
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:54
Last Modified: 03 Sep 2024 07:54
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/9061

Actions (login required)

View Item View Item