Marsel Giovanni Kindangen (2024) PERANCANGAN CREATIVE HUB DI KOTA YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN CREATIVE PLACEMAKING. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Arsitektur)
61170176_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (12MB) |
|
Text (Skripsi Arsitektur)
61170176_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (22MB) | Request a copy |
Abstract
Di Yogyakarta perkembangan ekonomi kreatif cukup pesat dan menjanjikan, dengan adanya kaum milenial. Menurut Singgih, Kepala Dinas Pariwisata DIY, perkembangan ekonomi kreatif di Yogyakarta berawal dari komunitas dan Masyarakat utamanya kaum milenial. Dengan banyaknya sektor yang dapat digeluti di bidang ekonomi kreatif. Terdapat 17 subsektor ekonomi kreatif yang berkembang, utamanya kriya, fesyen, kuliner, seni dan game/animasi. Pada tahun 2016, Yogyakarta menjadi salah satu penyumbang PDB Ekraf terbesar di Indonesia yaitu sebesar 16,12%. Kekayaan budaya, kreativitas Masyarakat hingga potensi pariwisata menjadi faktor-faktor yang mendukung perkembangan Ekonomi Kreatif di Yogyakarta. Meskipun telah menunjukan perkembangan yang cukup pesat, Ekraf di Yogyakarta masih menghadapi beberapa tantangan, antara lain: Pendidikan dan pelatihan, fasilitas dan infrastruktur serta pemasaran. Sehingga membutuhkan fasilitas yang mewadahi kegiatan pengembangan ekonomi kreatif di Yogyakarta. Creative Hub sebagai simpul pelaku ekonomi kreatif. Sebagai salah satu upaya meningkatkan ekonomi kreatif. Dengan adanya Creative Hub, diharapkan dapat menampung berbagai macam ide kreatif para pelaku ekonomi kreatif. Creative Hub merupakan ruang bagi para pelaku usaha yang ingin memulai usaha namun masih terhalang dengan fasilitas dan pengembangan. Creative Hub memfasilitasi kegiatan-kegiatan kreatif dari berbagai subsektor ekoonomi kreatif. Dengan 3 tipologi utama yaitu Creative Space, Maker Space, dan Coworking Space diharapkan dapat membangun lingkungan kreatif dan meningkatkan kegiatan bagi pada pelaku ekonomi kreatif yang akan menghasilkan produk bernilai ekonomis. Melalui Creative Placemaking digunakan untuk menciptakan lingkungan kreatif bersama dan berelasi dalam peningkatan kualitas hidup, melalui kegiatan kreasi bersama.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekonomi Kreatif, Kota Yogyakarta, Creative Hub, Lingkungan Kreatif, Creative Placemaking |
Subjects: | G Geografi. Antropologi. Rekreasi > Rekreasi dan Hiburan N Seni Rupa > Arsitektur |
Divisions: | Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Arsitektur |
Depositing User: | Beatrix Stefany |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 05:10 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 05:10 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/9024 |
Actions (login required)
View Item |