PENGUATAN DESAIN BRANDING KAMPUNG WISATA KOTA YOGYAKARTA BERBASIS POTENSI LOKAL

Kristian Oentoro and Wiyatiningsih (2021) PENGUATAN DESAIN BRANDING KAMPUNG WISATA KOTA YOGYAKARTA BERBASIS POTENSI LOKAL. Research Report (Lecturer). LPPM Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian Dosen)
144E394_PENDAHULUAN_KESIMPULAN_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Laporan Penelitian Dosen)
144E394_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan desain branding kampung wisata Kota Yogyakarta berbasis potensi lokal menggunakan metode Collaborative Destination Branding yang mengutamakan adanya kolaborasi antara para pemangku kepentingan (stakeholders). Ketujuh tahap penelitian telah diselesaikan dengan baik dan lancar, mulai tahap survey, implementasi, hingga evaluasi hasil. Hasil survey awal terhadap wisatawan telah dilakukan di 4 kampung wisata. Terdapat 68 wisatawan sebagai responden yang berasal dari berbagai daerah, termasuk dari luar Pulau Jawa. Indeks kepuasan wisatawan menunjukan nilai 84,25 (sangat baik). Selain itu, evaluasi hasil juga telah dilakukan terhadap 27 responden dari kampung wisata dan pihak-pihak terkait yang menunjukan hasil penguatan desain branding dinilai 97,8 (sangat baik). Desain branding juga telah diterapkan pada produk merchandise, seperti kaos, tas serut, hingga botol minum bagi pesepeda. Hasil desain branding kemudian akan dimanfaatkan kampung wisata dalam berbagai kegiatan promosi, termasuk pada kegiatan wisata sepeda. Implementasi konsep desain branding juga telah menghasilkan 1 dokumen Hak Cipta dalam Seni Ilustrasi berjudul “Prawira Geometri’ dengan No. EC00202135123 tanggal 27 Juli 2021 sebagai salah satu luaran. Identifikasi kepuasan wisatawan dalam berkegiatan sepeda di kampung wisata juga telah didesiminasikan dan dipublikasi pada Sendimas 2021, sedangkan hasil riset dan pengembangan desain branding akan dipubliksikan pada prosiding internasional. Riset Produk Inovasi ini juga mendorong kerjasama antara FAD UKDW dengan Forum Komunikasi Kampung Wisata Kota Yogyakarta sebagai bentuk keberlanjutan dari program kemitraan yang telah dilakukan.

Item Type: Project Report (Research Report (Lecturer))
Uncontrolled Keywords: Kampung Wisata, Yogyakarta, Branding, Kolaborasi.
Subjects: N Seni Rupa > Seni Umum
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Desain Produk
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 06 Aug 2024 05:32
Last Modified: 06 Aug 2024 05:32
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8736

Actions (login required)

View Item View Item