Natasya Vicky Vania Sutono (2023) PERANCANGAN MAINAN EDUKATIF DENGAN FITUR SUARA UNTUK MERANGSANG MOTORIK HALUS ANAK PENYANDANG CEREBRAL PALSY SPASTIK UMUR 5-15 TAHUN. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Desain Produk)
62190115_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (5MB) |
|
Text (Skripsi Desain Produk)
62190115_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perancangan mainan edukatif dengan fitur suara bertujuan untuk merangsang motorik halus anak penyandang Cerebral Palsy Spastik dalam rentang usia 5-15 tahun. Perancangan produk ini mempertimbangkan hubungan antara pelaku dan kebiasaan pengguna serta interaksinya dengan musik sebagai salah satu sarana untuk menyalurkan emosi anak, sekaligus membantu meningkatkan kepercayaan diri sebagai bentuk aktualisasi diri anak. Selain itu, produk ini memiliki mekanisme yang bertujuan untuk membantu latihan pergerakan motorik halus anak, sehingga berdampak positif pada peningkatan kualitas hidup anak. Yamato, sebuah mainan edukatif dengan fitur suara, menjadi penting sebagai pendukung terapi bermain dimana anak dapat termotivasi (self-determination) untuk berpartisipasi aktif dalam merangsang motorik halus. Diharapkan bahwa Yamato dapat meningkatkan kompetensi anak dengan Cerebral Palsy dalam rentang usia 5-15 tahun untuk menggerakan tangan, meraih, dan menggenggam benda melalui rangsangan visual, audio, dan taktil. Peningkatan kompetensi ini dapat menjadi jembatan menuju aktualisasi diri.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Educational Toy, Cerebral Palsy, Fine Motor Skills, play therapy, design thinking |
Subjects: | L Pendidikan > Pendidikan (Umum) T Teknologi > Kerajinan Tangan. Seni dan Kerajinan |
Divisions: | Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Desain Produk |
Depositing User: | Admin Repository |
Date Deposited: | 17 May 2024 01:41 |
Last Modified: | 17 May 2024 01:42 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8483 |
Actions (login required)
View Item |