PENGARUH FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN REVENGE TOURISM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN OBELIX SEA VIEW, GUNUNG KIDUL

Nathaniel Putra Caesar Antolis (2024) PENGARUH FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN REVENGE TOURISM TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN OBELIX SEA VIEW, GUNUNG KIDUL. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11200868_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11200868_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menginvestigasi dampak dari fear of missing out dan revenge tourism terhadap keputusan berkunjung para wisatawan di Obelix Sea View setelah masa pandemi covid-19. Industri pariwisata telah menjadi salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi ini, mengalami penghentian total sejak awal pandemi. Sementara industri pariwisata memiliki peran penting sebagai kontributor utama terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) secara global, khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, penghidupan kembali industri ini menjadi suatu kebutuhan yang signifikan. Pentingnya pemahaman terhadap bagaimana fear of missing out dan revenge tourism dapat memengaruhi keputusan wisatawan untuk melibatkan diri dalam kegiatan pariwisata pasca covid-19 menjadi fokus utama penelitian ini. Penelitian ini mengadopsi metode kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk mengidentifikasi 100 responden yang merupakan pengunjung Obelix Sea View dan aktif menggunakan media sosial. Data dikumpulkan melalui Google Form dan dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27. Metode analisis mencakup uji regresi linier berganda, diikuti dengan uji hipotesis seperti uji koefisien determinasi, uji-t, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik fear of missing out maupun revenge tourism memiliki pengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Obelix Sea View, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang faktor-faktor yang memotivasi keputusan perjalanan wisatawan pasca pandemi covid-19 di destinasi wisata tertentu, khususnya di Obelix Sea View.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Fear of Missing Out, FoMO, Revenge Tourism, Keputusan Berkunjung
Subjects: G Geografi. Antropologi. Rekreasi > Rekreasi dan Hiburan
H Ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh > Manajemen. Manajemen Industri
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Beatrix Stefany
Date Deposited: 22 May 2024 06:08
Last Modified: 22 May 2024 06:08
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8435

Actions (login required)

View Item View Item