E-GOVERMENT PUSAT PENGADUAN MASYARAKAT STUDI KASUS : INSPEKTORAT KABUPATEN GUNUNG MAS, KALIMANTAN TENGAH

Indra Nugraha (2024) E-GOVERMENT PUSAT PENGADUAN MASYARAKAT STUDI KASUS : INSPEKTORAT KABUPATEN GUNUNG MAS, KALIMANTAN TENGAH. Bachelor thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72190325_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (7MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72190325_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik yang memuaskan semakin penting di era informasi dan globalisasi, di mana instansi pemerintahan dituntut beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Meskipun Inspektorat Kabupaten Gunung Mas berperan sebagai pengawas pengaduan masyarakat, sistem pengaduan masih bersifat konvensional. Ketidakpraktisan pendekatan ini menyebabkan masyarakat harus datang langsung ke kantor untuk melaporkan pengaduan secara tertulis. Kurangnya sistem berbasis online menyebabkan sulitnya pengelolaan data laporan dan kehilangan berkas laporan. Hal ini juga menyebabkan kurangnya informasi tentang tindak lanjut pengaduan, mengakibatkan kehilangan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan OPD di Kabupaten Gunung Mas. Sistem yang dibangun pada penelitian ini adalah berbasis web yang mana pada tahapan dari pembangunan sistem menggunakan metode Software Development Life Cycle yang membantu dalam pengembangan aplikasi secara bertahap dan terstruktur. Disamping itu juga, pembangunan sistem didukung dengan framework bahasa pemograman PHP yaitu laravel yang mempermudah dalam pengerjaan implementasi kode program sistem dan untuk implementasi pembangunan antarmuka sistem ini dibantu dengan framework CSS yaitu Admin LTE versi 3.1. Penelitian yang dilakukan ini menghasilkan sebuah sistem pengaduan masyarakat atau e-government yang dapat diakses dengan mudah dan praktis oleh masyarakat, yang mendukung pengelolaan laporan pengaduan bagi petugas OPD, serta membantu petugas inspektorat dalam monitoring kinerja OPD untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: E-Goverment, Pengaduan Masyarakat, OPD, Sistem Informasi
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > QA Matematika > QA76 Perangkat Lunak (Software) Komputer
Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi > ZA Sumber-sumber Informasi > ZA4050 Sumber Informasi Elektronik
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Yoan Fenie Christina Khouw
Date Deposited: 16 May 2024 01:32
Last Modified: 16 May 2024 01:32
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8409

Actions (login required)

View Item View Item