INDOOR NAVIGATION BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN MENGGUNAKAN MARKER BASED TRACKING

Bantolo Setiadi (2023) INDOOR NAVIGATION BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN MENGGUNAKAN MARKER BASED TRACKING. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71190480_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71190480_bab2 sd bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kampus umumnya mencakup area yang luas dan dapat membingungkan bagi mahasiswa baru, staf, dan pengunjung untuk berkeliling dengan mudah. Adanya papan informasi seperti denah sebagai petunjuk rute navigasi di dalam gedung kampus pun masih belum dapat menyajikan informasi kepada pengunjung secara maksimal dalam menemukan lokasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk membangun sebuah aplikasi yang mengimplementasikan augmented reality dengan metode marker-based tracking sebagai sistem indoor navigation yang mempermudah pengguna dalam menemukan lokasi yang ada di Gedung Agape Universitas Kristen Duta Wacana. Pengembangan aplikasi pada penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah Handheld Augmented Reality Usability Scale (HARUS) yang menguji manipulability dan comprehensibility dari aplikasi. Selain itu, dilakukan juga pengujian time on task untuk mengetahui berapa waktu yang dibutuhkan untuk menemukan lokasi tanpa menggunakan aplikasi dan dengan menggunakan aplikasi. Pada evaluasi penelitian ini diperoleh hasil skor rata-rata manipulability adalah 75,19 dan skor rata-rata comprehensibility adalah 81,63. Secara keseluruhan, rata-rata skor HARUS yang diperoleh adalah 78,41. Skor tersebut dapat disimpulkan bahwa pengguna merasa puas terhadap interaksi dan pengalaman dalam menggunakan aplikasi indoor navigation. Selain itu, diperoleh hasil rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menemukan lokasi dengan menggunakan aplikasi 3 kali lebih cepat daripada menemukan lokasi tanpa menggunakan aplikasi. Hal tersebut dapat diartikan bahwa aplikasi indoor navigation dapat mempermudah pengguna dalam menemukan lokasi yang dituju.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: augmented reality, indoor navigation, MDLC, HARUS
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Ilmu Pengetahuan (Umum)
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
T Teknologi > Teknologi (Umum)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Jessica Dipta Novyana, A.Md
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:04
Last Modified: 29 Jan 2024 05:04
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8057

Actions (login required)

View Item View Item