Bonifacius Dani Yudha Permana (2023) PENERAPAN METODE DESIGN THINKING UNTUK PERANCANGAN DASHBOARD INFORMASI BAGI DROPSHIPPER STUDI KASUS : BALEOMOL.COM. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Informatika)
71180354_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (17MB) |
|
Text (Skripsi Informatika)
71180354_bab2 sd bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Data penjualan dropshipper setiap hari akan bertambah dan semakin banyak sehingga dibutuhkan sebuah penyajian data dengan cara divisualisasi. Data penjualan di visualisasi tersebut harapannya dapat menunjang penentuan strategi kedepan dalam melakukan penjualan. Baleomol memang sudah menyediakan dashboard sebagai visualisasi data. Namun dari pengalaman peneliti dan teman -teman sesama dropshipper, merasa bahwa dashboard Baleomol masih belum lengkap. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna maka jenis dashboard yang digunakan peneliti adalah jenis strategis untuk menunjang strategi penjualan dropshipper. Agar mendapatkan dashboard yang menjadi solusi dari kendala atau masalah pengguna maka dashboard yang dibangun menggunakan metode Design Thinking.Design thinking merupakan metode yang digunakan untuk menemukan solusi dari suatu masalah dengan cara proses kolaboratif dengan pengguna sehingga produk yang dihasilkan dapat sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan pengguna. Jika desain sudah selesai, maka akan dilakukan pengujian tampilan desain dashboard Baleomol dengan pendekatan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Usability Testing. Pengujian penelitian usability testing menggunakan platform Maze mendapatkan output untuk Success Rate mendapatkan 100% tingkat kesuksesan menyelesaikan tugas, tidak ada yang menyerah/ gagal dalam mengoperasikan dashboard Baleomol. Untuk The Time a Task Requires seluruh pengguna mampu memahami alur berbeda pada dashboard Baleomol dengan rata rata waktu yang cepat pada masing masing tugasnya. Mulai dari tugas 1 : 37.2 detik (7 alur), tugas 2 : 14.2 detik(2 alur), tugas 3 : 7.5 detik(2 alur), tugas 4 : 4 detik(2 alur) dan tugas 5 : 13.5 detik(2 alur). Untuk Error Rate sangat sedikit yang mengalami kesalahan klink hanya terjadi 4 kali dari 25 total pengujian. Kemudian dilihat dari Usability score yang diberikan pada tugas1 adalah 94, tugas 2 adalah 86, tugas 3 adalah 89, tugas 4 adalah 90, dan tugas 5 adalah 96. Untuk keseluruhan skornya adalah 94 dari 100. Pengukuran kepuasan pengguna menggunakan UEQ didapatkan rata rata dari masing masing skala yang diuji dimana Daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, dan stimulasi mendapatkan nilai excellent, kebaruan mendapat nilai Good. Menunjukan score 2.53, 2.35, 2.30, 2.20, 2.45, dan 1.55. Hasil ini sangat meningkat dengan UEQ pada dashboard Baleomol sekarang yaitu dengan score 1.30, 1.15, 1.35, 1.05, 0.90, dan 0.10.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Design Thingking, Usability Testing, UI / UX Design, Dashboard, UEQ (User Experience Questionnaire) |
Subjects: | Q Ilmu Pengetahuan > Ilmu Pengetahuan (Umum) Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer T Teknologi > Teknologi (Umum) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika |
Depositing User: | Jessica Dipta Novyana, A.Md |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 05:06 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 05:06 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/8049 |
Actions (login required)
View Item |