Yohanes Richardus Ricky Darmawan (2023) STUDENTS’ VIEWS TOWARD THE USE OF THINK-PAIR-SHARE STRATEGY ON STUDENTS’ ORAL COMMUNICATION SKILL IN AN EFL CONTEXT. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170024_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf Download (761kB) |
|
Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170024_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Darmawan, Y.R.R. (2022). Pandangan Mahasiswa tentang Penggunaan Strategi Think-Pair-Share terhadap Keterampilan Komunikasi Oral Mahasiswa dalam Konteks EFL (Tesis Sarjana Tidak Dipublikasikan). Universitas Kristen Duta Wacana: Yogyakarta, Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan siswa terhadap penggunaan strategi pengajaran Think-Pair-Share pada kemampuan komunikasi lisan mereka. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki kemungkinan pengaruh dari strategi pengajaran Think-Pair-Share pada keterampilan komunikasi lisan siswa. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui pandangan siswa terhadap penerapan strategi pengajaran ini berdasarkan pengalaman mereka. Berdasarkan tujuan penelitian, investigasi dilakukan dengan menggunakan wawancara. Wawancara dilakukan dengan empat partisipan yang terdiri dari empat siswa yang terpilih berdasarkan pengalaman mereka. Aplikasi zoom digunakan dalam melakukan wawancara dengan menggunakan bahasa Indonesia. Audio yang direkam ditranskrip ke dalam bentuk tertulis dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Coding dilakukan dengan menentukan kata kunci yang diambil dari transkrip. Selanjutnya tema-tema tersebut dilaporkan sebagai temuan dalam penelitian ini dan kemudian didukung dari penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengajaran Think-Pair-Share dapat membantu siswa meningkatkan kepercayaan diri mereka dan dapat membantu dalam meningkatkan keterampilan komunikasi lisan mereka dengan syarat siswa menggunakan bahasa Inggris sebagai media diskusi. Sementara itu, temuan untuk tujuan kedua mengungkapkan bahwa para siswa menganggap strategi pengajaran ini cukup membantu dalam meningkatkan kerja sama tim dan keterampilan berpikir kritis mereka. Siswa juga merasa bahwa strategi pengajaran ini menawarkan aktivitas yang bervariasi, sehingga membuat kelas menjadi tidak membosankan. Temuan mengungkapkan bahwa strategi pengajaran Think-Pair-Share perlu dilaksanakan dengan hati-hati untuk mencapai efektivitas yang baik. Implikasinya, strategi pembelajaran Think-Pair-Share dapat diterapkan dengan mempertimbangkan manfaat dan dampaknya bagi siswa.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think-Pair-Share, communication skills, medium of discussion |
Subjects: | L Pendidikan > Pendidikan (Umum) L Pendidikan > Teori dan Praktik Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Kependidikan dan Humaniora > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 04:07 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 04:07 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7759 |
Actions (login required)
View Item |