A CASE STUDY OF TEACHERS’ AND STUDENTS’ VOICES ON THE USE OF AUDIO-VISUAL MEDIA IN LISTENING CLASSROOM

Billy Williandro Siray (2023) A CASE STUDY OF TEACHERS’ AND STUDENTS’ VOICES ON THE USE OF AUDIO-VISUAL MEDIA IN LISTENING CLASSROOM. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81160005_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81160005_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdiskusi tentang penggunaan audio-visual dalam meningkatkan kemampuan mendengar yang melibatkan pengajar dan siswa sebagai partisipan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab bagaimana pengajar dan murid menggunakan materi audio-visual dan apa sudut padang pengajar dan siswa dalam menggunakan audio-visual. Untuk memperoleh data, mixed method digunakan untuk memperoleh jawaban dari partisipan melalui kuisioner yang kemudian diproses dengan SPSS21 dan wawancara. Penelitian ini melibatkan salah satu pengajar yang telah berpengalam salam menggunakan media audio-visual, dan empat puluh siswa dari angakatan 2019, 2020, dan 2021 yang berpengalaman menggunakan audio-visual sejak semester pertama Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kedua partisipan guru dan siswa menggunakan berbagai macam sumber media audio-visual dari level terendah sampai level mahir. Yang mana guru memfokuskan kebutuhan siswa yang kurang dengan menggunakan strategi bottom-up dan top-down. Lebih lagi, pengulangan media audio-visual digunakan untuk meningkatkan kemampuan metacognitive siswa. Disamping itu, kedua partisipan setuju bahwa audio-visual membawa dampak positif terhadap nilai dan pemahaman dalam mendengar. Kesimpulanya, audio-visual digunakan untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan kemampuan mendengar yang masih kurang dengan menggunakan strategi bottom-up, top-down dan pengulangan untuk meningkatkan pengetahuan metacognitive siswa. Penelitian ini penting untuk kedua partisipan untuk menjaga dampak positif dari media audio-visual dalam kelas. Disamping itu, sejak penelitian ini sangat jarang dalam jurusan Bahasa Inggris, penelitian ini baik untuk di lakukan untuk jurusan Bahasa Inggris.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Audio, Visual, Metacognitive, Pemahaman, Mendengar
Subjects: L Pendidikan > Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > Teori dan Praktik Pendidikan > Pendidikan Menengah. Sekolah Menengah
Divisions: Fakultas Kependidikan dan Humaniora > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:14
Last Modified: 22 Aug 2023 04:01
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7757

Actions (login required)

View Item View Item