PENERAPAN USER INTERFACE DESIGN PATTERN UNTUK KATALOG OBJEK BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS MOBILE

Ristri Krisnugraheni (2022) PENERAPAN USER INTERFACE DESIGN PATTERN UNTUK KATALOG OBJEK BUDAYA PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS MOBILE. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72180204_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72180204_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tim penelitian alun-alun merupakan penelitian yang berfokus pada penelitian pengembangan model untuk beberapa objek budaya Indonesia. penelitian ini akan menghasilkan model berbasis semantic web yang menekankan pada relasi objek budaya. Fokus pada penelitian ini adalah menerapkan pola desain untuk katalog objek budaya permainan tradisional, yang dapat digunakan oleh target pengguna. Metode penelitian yang digunakan design thinking yang berfokus pada pengambilan user konteks. Pola desain yang diterapkan terdapat 4 pola desain yaitu pola grid, pola hierarchy, pola sequential dan pola composite. Perancangan pola desain dibangun dengan figma dan dilakukan pengujian menggunakan UEQ. Hasil pengujian UEQ (User Experience Questionarre) yang telah mengumpulkan sebanyak 50 responden. Hasil pengujian perbandingan 4 pola desain bahwa pola desain yang memiliki nilai unggul adalah pola grid . Hasil rata – rata aspek daya tarik (attractiveness) 1,80, kejelasan (perspicuity) 1,87, efisiensi (efficiency) 1,65, ketepatan (depandebelity) 1,55, dan stimulasi (stimulation) 1,62 dengan konversi kategori hasilnya adalah baik (good). Sedangkan aspek kebaruan (novelty) 1,00. Maka peneliti dapat merekomendasikan kepada tim penelitian alun – alun bahwa pola desain yang tepat adalah pola grid , dapat diterapkan dalam katolog objek budaya permainan tradisional.Setelah menentukan pola desain yang tepat maka dilanjutkan dengan pengujian menggunakan usabality testing untuk pola grid . Bertujuan untuk mengukur tingkat tugas yang diberikan, Hasil yang diperolah menunjukan skor 92.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: pola desain, objek budaya, UEQ (user experience questionnare), usability testing
Subjects: T Teknologi > Teknologi (Umum)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 16 Feb 2023 05:22
Last Modified: 16 Feb 2023 05:22
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7398

Actions (login required)

View Item View Item