ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM SELAMA MASA KRISIS: DENGAN PERAN MEDIATOR COST MANAGEMENT SEBAGAI COPING MECHANISM

Juan Chandra Jatiputra (2022) ADOPSI E-COMMERCE PADA UMKM SELAMA MASA KRISIS: DENGAN PERAN MEDIATOR COST MANAGEMENT SEBAGAI COPING MECHANISM. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12180273_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Akuntansi)
12180273_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel Kinerja Operasional dan Kinerja Pemasaran Pasca Adopsi E-commerce terhadap Kinerja Finansial UMKM kultural yang dimoderasi oleh Coping Strategy Manajemen Biaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer melalui kuesioner yang disebar secara online kepada UMKM kultural dari daerah Temanggung, Magelang, Yogyakarta dan Solo menggunakan Google Form. Kemudian diperoleh hasil responden sebanyak 120 responden pemilik UMKM kultural melalui metode non probability sampling dengan teknik purposive random sampling. Kemudian peneliti menggunakan aplikasi SPSS versi 24 untuk melakukan pengolahan data kuesioner yang telah diperoleh sebelumnya yang berupa regresi linerar berganda dan moderated reggresion alanysis (MRA) dengan uji hipotesis yaitu Uji F, Uji T dan Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian terhadap uji regresi linear berganda didapatkan hasil bahwa Kinerja Operasional Pasca Adopsi E-commerce memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kinerja Finansial UMKM kultural sehingga dapat dikatakan bahwa Hipotesis 1 didukung, sedangkan Kinerja Pemasaran Pasca Adopsi E-commerce memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap Kinerja Finansial UMKM kultural sehingga dapat dikatakan bahwa Hipotesis 2 tidak terdukung. Lalu untuk uji moderated reggresion analysis (MRA) didapatkan hasil bahwa Coping Strategy Manajemen Biaya dapat memoderasi Kinerja Operasional Pasca Adopsi E-commerce terhadap Kinerja Finansial UMKM kultural sehingga dapat dikatakan bahwa Hipotesis 3a didukung, dan karena pada Hipotesis 2 tidak terdukung, maka Coping Strategi Manajemen Biaya tidak dapat memoderasi variabel Kinerja Pemasaran Pasca Adopsi E-commerce terhadap Kinerja Finansial UMKM kultural karena syarat untuk moderasi adalah variabel independen haruslah signifikan terhadap variabel dependennya.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Kierja Operasional, Kinerja Pemasaran, Kinerja Finansial
Subjects: H Ilmu Sosial > Perdagangan
H Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Akuntansi
Depositing User: Musti Kuardayani, A. Ma. Pust., ST
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:51
Last Modified: 25 Jan 2023 03:51
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/7307

Actions (login required)

View Item View Item