81170019, Eben Nezer Tarigan (2021) TEACHER'S AND STUDENTS' VIEWS ON THE IMPACT OF STUDENTS' INTERACTION ACTIVITIES TO STUDENTS' WILLINGNESS TO COMMUNICATE IN ONLINE SPEAKING CLASS. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170019_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81170019_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kegiatan interaksi antara siswa dilakukan di kelas speaking online. Sebagai tujuan utama dari penelitian ini adalah menginvestigasi sejauh mana dan bagaimana kegiatan interaksi antara siswa digunakan di kelas speaking. Dan sebagai tujuan selanjutnya yaitu meneliti dampak dari penggunaan aktivitas interaksi siswa ini terhadap kemauan berbicara siswa di kelas speaking berdasarkan pandangan guru dan juga siswa. Berdasarkan tujuannya penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu wawancara dan observasi kelas. Observasi dilakukan sebanyak tiga kali dengan menggunakan daftar observasi dan catatan observasi. Lalu wawancara dilakukan dengan total tujuh peserta yaitu satu guru dan enam siswa. Wawancara dilakukan dengan bahasa Indonesia dengan menggunakan Zoom yang di rekam. Rekaman wawancara lalu ditulis dan diterjemahkan kedalam bahasa Inggris. Coding dilakukan menggunakan tulisan wawancara berbahasa inggris dan dilanjutkan dengan penentuan tema di kertas. Lalu tema-tema itu di laporkan sebagai hasil dari penelitian ini yang didukung dengan penelitian sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di kelas speaking semester ini penggunaan kegiatan interaksi antara siswa sangat rendah yang disebabkan oleh tujuan kelas itu sendiri untuk meningkatkan kemampuan berbicara perorangan. Satu-satunya kegiatan interaksi antara siswa yang terjadi hanyalah tanya jawab yang terjadi di observasi kedua yang tidak dominan. Namun di hasil yang lain penelitian ini menemukan bahwa siswa mengemukakan partisipasi mereka yang lebih tinggi ketika mereka melakukan interaksi antara siswa. Perbandingan partisipasi yang dikemukakan siswa dalam hal berbicara, antara kegiatan interaksi antara siswa dengan kelas speaking yang mereka jalani sekarang. Selanjutnya mereka juga mengemukakan dampak baik dari kegiatan interaksi antara siswa ini terhadap kemampuan bahasa Inggris mereka dan juga kemauan berbicara mereka. Yang pada akhirnya memberikan implikasi bahwa melalui kegiatan interaksi antara siswa perlu di lakukan di kelas karena ini dapat memberi dampak baik dan juga meningkatkan kemauan berbicara mereka.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Students’ interaction activities, willingness to communicate, online speaking class. |
Subjects: | H Ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) L Pendidikan > Pendidikan (Umum) L Pendidikan > Teori dan Praktik Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Kependidikan dan Humaniora > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Jessica Dipta Novyana, A.Md |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 03:51 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 03:51 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6651 |
Actions (login required)
View Item |