41170103, Cynthia Gabriella Nugroho (2021) HUBUNGAN DURASI BERMAIN GAME VIRTUAL SELAMA PANDEMI COVID-19 DENGAN STRES PSIKOSOSIAL PADA SISWA SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Kedokteran)
41170103_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text (Skripsi Kedokteran)
41170103_bab2 sd bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Stres menjadi salah satu masalah yang muncul pada masa pandemi COVID-19 dengan remaja sebagai usia yang rentan terhadap stres. Game virtual, menjadi salah satu alternatif koping yang dapat digunakan oleh remaja. Stres dan durasi bermain game virtual dapat memiliki hubungan bidireksional sehingga dirasa perlu untuk diteliti. Tujuan. Untuk mengetahui adanya hubungan antara durasi bermain game virtual dengan stres selama masa pandemi COVID-19 pada siswa SMA negeri 4 Yogyakarta beserta tingkat korelasi tiap jenis game virtual. Metode. Penelitian ini merupakan penelitian observational satu tahap dengan metode potong lintang. Sampel diambil menggunakan kuesioner DASS 42 bagian stres dan kuesioner demogratif termasuk durasi game virtual dari tiga kelas di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Data yang dikumpulkan diuji dengan analisis pearson corellation dan pearson chi square dengan P<0,05. Hasil Penelitian. Total responden yang didapatkan adalah 72 tetapi responden valid hanya 69. 75,4% responden bermain game virtual sedangkan 24,6% tidak bermain. 34,6% bermain kurang dari 1 jam per hari, 30,8% bermain 1-2 jam per hari, 17,3% bermain 2-3 jam per hari, 17,3% bermain lebih dari 3 jam per hari. 44,9% responden memiliki taraf stres normal, 17,4% ringan, 20,3% sedang, 14,5% parah, dan 2,9% berada di taraf sangat parah. Hasil analisis bivariat menunjukkan nilai P bermakna (P=0,000) pada hubungan antara jenis kelamin dan durasi bermain game virtual dan tidak ada korelasi antara stres dan durasi game virtual (P=0,487). Korelasi tiap jenis game virtual dengan stres tidak dapat di analisis karena adanya hasil tidak bermakna antara stres dan durasi bermain game virtual. Kesimpulan. Walaupun ada hubungan antara stres dan game virtual, tidak ditemukan adanya hubungan antara stres dan durasi bermain game virtual.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stres, COVID-19, game virtual, remaja |
Subjects: | B Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi H Ilmu Sosial > Sosiologi R Kedokteran. Medis > Kedokteran (Umum) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran |
Depositing User: | Jessica Dipta Novyana, A.Md |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 02:46 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 02:46 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6610 |
Actions (login required)
View Item |