ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, ULASAN ONLINE KONSUMEN, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMESANAN KAMAR HOTEL PADA APLIKASI TRAVELOKA: STUDI PADA KONSUMEN TRAVELOKA YANG BERDOMISILI DI DIY

11170361, Ranti Herlina Sandi (2021) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, ULASAN ONLINE KONSUMEN, DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMESANAN KAMAR HOTEL PADA APLIKASI TRAVELOKA: STUDI PADA KONSUMEN TRAVELOKA YANG BERDOMISILI DI DIY. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11170361_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11170361_bab2 s.d bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada mulanya Traveloka hanya dapat digunakan untuk membandingkan harga tiket pesawat, pada saat ini Traveloka sudah berekspansi menjadi agen perjalanan berbasis aplikasi dalam banyak bidang seperti pemesanan kamar hotel, tiket pesawat, bahkan beberapa pemesanan lain secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh parsial dan simultan dari variabel persepsi harga, ulasan online konsumen dan kemudahan penggunaan aplikasi terhadap keputusan pemesanan kamar hotel melalui aplikasi Traveloka. Penelitian ini menggunakan data primer dan didukung dengan data sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Traveloka. Penelitian ini mengambil sampel dari 100 responden. Metode yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan analisis datanya menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diketahui persamaan regresinya Y = 3.700 + 0.597 Persepsi Harga - 0.209 Ulasan Online Konsumen + 0.328 Kemudahan Penggunaan Aplikasi, artinya variabel yang mempengaruhi keputusan pemesanan yaitu persepsi harga dan kemudahan penggunaan aplikasi. Nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0.390 (39%) artinya variabel persepsi harga, ulasan online konsumen dan kemudahan penggunaan aplikasi mampu menjelaskan perubahan variabel keputusan pemesanan sebesar 39% dan sisanya sebesar 61% (100% - 39%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji F memiliki nilai signifikansi 0.000 < 0.05 artinya variabel persepsi harga, ulasan online konsumen dan kemudahan penggunaan aplikasi secara simultan mempengaruhi keputusan pemesanan kamar hotel di Traveloka. Uji signifikansi secara parsial keseluruhan variabel berada pada nilai < 0.05 yang berarti seluruh variabel yang diteliti secara signifikan berpengaruh.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: persepsi harga, ulasan online konsumen, kemudahan penggunaan aplikasi, keputusan pemesanan. price perception, online consumer reviews, ease of use of the application, ordering decisions
Subjects: H Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > Perdagangan
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Ms Hilaria Fortuna
Date Deposited: 10 Feb 2022 01:53
Last Modified: 10 Feb 2022 01:53
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6365

Actions (login required)

View Item View Item