PERBANDINGAN ALGORITMA LIFLONG PLANNING A* DAN A* PADA GAME CEDAR WOOD CHRONICLES

22104822, Adrian Yulianto Kurniawan (2015) PERBANDINGAN ALGORITMA LIFLONG PLANNING A* DAN A* PADA GAME CEDAR WOOD CHRONICLES. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22104822_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22104822_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, permainan berbasis platform browser atau menggunakan media HTML5 semakin banyak dikembangkan. Salah satu genre permainan yang cukup populer adalah Tower Defense. Agar permainan dapat memberi tantangan lebih, digunakan konsep di mana musuh dapat bergerak dengan bebas di dalam map permainan, dan player harus memasang tower sebagai penghalang sekaligus penyerang. Dalam hal ini diperlukan metode agar musuh dapat menemukan jalan terdekat dengan mengimplentasikan algoritma pathfinding. Karena aksi yang dilakukan player memungkinkan berubahnya kondisi map setiap saat secara dinamis, diperlukan implementasi algoritma pathfinding yang optimal. Salah satu algoritma pathfinding yang sering digunakan adalah algoritma A*. Tingkat efisiensi pathfinding dapat dilihat dari jumlah node yang dilalui saat penghitungan pada map. Algoritma LPA*(Lifelong Planning A*) memiliki keunggulan dibandingkan algoritma A* yakni memiliki tahap untuk mengingat node pencarian dan hasil tree pencarian sebelumnya, memungkinkan algoritma LPA* ini untuk menelusuri node lebih sedikit dibanding A*. Disamping itu, algoritma LPA* memerlukan kapasitas memori lebih besar karena jumlah node yang harus disimpan ketika diimplementasikan pada banyak musuh. Hasil dari penelitian yang menggunakan 15 sampel skenario untuk diuji dengan kedua algoritma menunjukkan bahwa perbandingan algoritma LPA* dan A* mengalami penurunan efisiensi ketika diimplementasikan pada musuh bergerak dibanding melakukan pathfinding statis. Hal ini dikarenakan algoritma LPA* harus melakukan pathfinding ulang ketika searchtree hasil pencarian tidak berhasil menemukan lokasi musuh.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Algoritma, LPA*, Lifelong, Planning, A*, Pathfinding, Tower Defense
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Ms Hilaria Fortuna
Date Deposited: 18 Oct 2021 01:40
Last Modified: 18 Oct 2021 01:40
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/6031

Actions (login required)

View Item View Item