22094640, Josef Septa Setiawan (2014) IMPLEMENTASI ALGORITMA A* DAN FLOYD WARSHALL DENGAN PRUNING UNTUK PENYELESAIAN PERMAINAN SOKOBAN. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Informatika)
22094640_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (773kB) |
|
Text (Skripsi Informatika)
22094640_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sokoban adalah permainan yang mudah dimainkan dan memiliki aturan main yang mudah dipahami. Namun Sokoban dapat memiliki tingkat kerumitan yang tinggi sehingga membuat orang-orang merasa tertantang untuk menyelesaikannya. Dengan algoritma A* dan Floyd Warshall dengan Prunning penulis mencoba untuk membuat sistem cerdas yang mampu menyelesaikan permainan Sokoban. A* digunakan untuk proses path finding, sedangkan Floyd Warshall yang akan menentukan solusi terbaik. Lalu Prunning bekerja membantu kinerja Floyd Warshall agar dapat melewati proses-proses yang tidak diperlukan. Penelitian dimulai dengan analisa aturan main Sokoban, pergerakan objek yang terdapat pada Sokoban, dan permasalahan yang biasa muncul pada permainan ini. Dilanjutkan dengan pengimplementasian A* dan Floyd Warshall dengan Prunning. Terakhir dilakukan pengujian pada agen untuk menyelesaikan kasus-kasus dari permainan sokoban. Hasil analisis data pengujian menunjukkan kesimpulan dari tugas akhir ini, yaitu : (1) Algoritma dianggap sukses diterapkan dan berhasil membuat sistem yang dapat menyelesaikan permainan Sokoban, namun ditemukan juga karakteristik dari beberapa contoh kasus yang tidak dapat diselesaikan oleh sistem (2) Sistem mampu memberikan solusi dengan nilai cost yang lebih efektif apabila dibandingkan dengan user awam rata-rata. Hasil nilai cost dari sistem tidak lebih efektif apabila dibandingkan dengan user yang telah terbiasa memainkan permainan Sokoban.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | A*, Dynamic Programming Floyd Warshall, Prunning, Sokoban. |
Subjects: | Q Ilmu Pengetahuan > Matematika Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi > Sumber-sumber Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika |
Depositing User: | Ms Nadya Agatha |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 07:47 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 07:47 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5748 |
Actions (login required)
View Item |