KURIKULUM PLURALISME AGAMA BERWAWASAN KERAMAHTAMAHAN DAN PERANGKULAN BAGI ANAK SEKOLAH MINGGU DI GEREJA MASEHI INJIL DI MINAHASA

50110309, Tifany Fergie Tombokan (2014) KURIKULUM PLURALISME AGAMA BERWAWASAN KERAMAHTAMAHAN DAN PERANGKULAN BAGI ANAK SEKOLAH MINGGU DI GEREJA MASEHI INJIL DI MINAHASA. Thesis (S2) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Tesis Ilmu Teologi)
50110309_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (635kB)
[img] Text (Tesis Ilmu Teologi)
50110309_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya kreatif berhadapan dengan konteks keberagaman agama serta potensi konflik yang dibawanya ialah dengan menerapkan pendekatan yang sesuai. Pendekatan pluralisme agama menjadi pendekatan yang sesuai dengan konteks keberagaman agama. Pendekatan ini mengafirmasi adanya kemajemukan agama dan menghargai kemajemukan tersebut. Pendekatan pluralisme agama memberi ruang bagi agama-agama untuk saling mengenal dan bekerjasama. Di satu sisi ia menunjukkan keterbukaan, namun di sisi lain ia teguh memegang komitmen. Seberapa jauh gereja mampu menyikapi kemajemukan secara positif, salah satunya ditentukan oleh seberapa jauh kurikulum gereja melalui lima aspek kehidupannya, yakni koinonia, liturgia, kerygma, didakhe dan diakonia-nya mengakomodir pendekatan pluralisme. Hal demikian mengantar pada pemeriksaan kurikulum gereja, secara khusus kurikulum anak sekolah minggu di GMIM. Keramahtamahan dan perangkulan menjadi pintu masuk ke dalam pendekatan pluralisme agama. Gagasan yang berasal dari tradisi kristiani ini mendorong relasi yang sederajat dan mutualis (saling) melalui nilai-nilai yang ditawarkannya yakni menyediakan ruang bagi yang lain dan menjadi rentan. Yang perlu dilakukan selanjutnya ialah operasionalisasi dua gagasan tersebut ke dalam komponen kurikulum anak GMIM. Operasionalisasi gagasan tersebut meliputi penetapan tujuan, pengorganisasian isi atau materi kurikulum, meliputi: tema, pemanfaatan/pembacaan bahan Alkitab dalam bingkai keramahtamahan dan perangkulan, mengaitkan kurikulum anak dengan kurikulum gereja, serta penggunaan metode yang memadai.

Item Type: Student paper (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pluralisme Agama, Kurikulum Anak Sekolah Minggu di GMIM, Keramahtamahan, Perangkulan
Subjects: B Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
B Filsafat. Psikologi. Agama > Teologi Praktis > Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Teologi > Magister Filsafat Keilahian
Depositing User: Ms Nadya Agatha
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:45
Last Modified: 04 Jun 2021 02:45
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5551

Actions (login required)

View Item View Item