PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI OJEK ONLINE : STUDI PADA PELANGGAN GRAB DI KOTA YOGYAKARTA

11130020, Samuel Aritonang (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI OJEK ONLINE : STUDI PADA PELANGGAN GRAB DI KOTA YOGYAKARTA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11130020_bab1_bab5_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11130020_bab2-s.d-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan jasa transportasi ojek online (studi pada pelanggan grab di Kota Yogyakarta). Sampel pelanggan yang pernah menggunakan jasa transportasi ojek online Grab di Kota Yogyakarta minimal tiga kali. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diberikan kepada 100 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, persepsi harga dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Grab memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap pelanggan yang memakai jasanya, sehingga pelanggan puas, lalu membeli dan mencoba lagi. Persepsi harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan jasa ojek online Grab di Yogyakarta. Persepsi harga yang dinilai dalam kategori tinggi artinya responden menganggap bahwa harga yang ditetapkan semakin sesuai dengan manfaat yang diterima dari produk yang digunakan. Persepsi harga yang dinilai terdiri dari empat indikator yaitu keterjangkauan harga, kesesuaian harga, daya saing harga, kesesuaian harga dengan manfaat produk. Citra merek dalam penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan jasa ojek online Grab di Yogyakarta. Perusahaan sebagai organisasi berusaha membangun citranya dengan tujuan tak lain agar nama perusahaan bagus dan memberikan nilai pribadi konsumen yang diletakkan terhadap atribut dari produk atau layanan yaitu apa yang konsumen pikir akan mereka dapatkan dari produk atau layanan tersebut.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan, Persepsi harga, Citra merek, Kepuasan pelanggan
Subjects: H Ilmu Sosial > HB Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > HE Transportasi dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Dhian Widyaningrum, S.Hum
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:23
Last Modified: 25 Mar 2021 01:23
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/5057

Actions (login required)

View Item View Item