HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT BETHESDA 2017

41120060, RIO GYVER ANTHONIO (2017) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP RUMAH SAKIT BETHESDA 2017. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41120060_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Kedokteran)
41120060_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Tumbuhnya persaingan antar rumah sakit yang semakin ketat dan tajam sehingga setiap rumah sakit dituntut untuk mempertinggi daya saing dengan berusaha memperhatikan kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan kepuasan kepada semua pasien. Penilaian responden tentang pelayanan medis dan non medis yang telah diterima yang diukur dengan dapat dipercaya, jaminan, bukti fisik, empati, dan ketanggapan dan kepedulian.Kepuasan merupakan perasaan kecewa atau senang yang dirasakan seseorang setelah membandingkan antara hasil suatu produk atau perpsepsi kinerja dengan harapan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta. Metode: Desain penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang menjelaskan hubungan antara dua variabel, yaitu variabel bebas (kualitas pelayanan) dan variabel terikat (kepuasan pasien).Sampel pada penelitian ini adalah pasien rawat inap RS Bethesda Yogyakarta dengan teknik pengambilan purposive sampling.Besar sampel sejumlah 73 orang.Data selanjutnya dianalisis dengan uji chi-square. Hasil: Penelitian ini dilakukan dengan uji chi-square antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien, dengan hasil p=0,001 < 0,05. Kesimpulan: Ada hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Subjects: R Kedokteran. Medis > Aspek Umum Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Prodi Kedokteran
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 14 Dec 2020 03:12
Last Modified: 14 Dec 2020 03:12
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4704

Actions (login required)

View Item View Item