PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN DAN VISUALISASI 3-DIMENSI ANATOMI TULANG MANUSIA

22094801, Ela Yudhanira (2013) PEMBUATAN APLIKASI PENGENALAN DAN VISUALISASI 3-DIMENSI ANATOMI TULANG MANUSIA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22094801_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22094801_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran semakin berkembang dengan adanya berbagai teknologi yang ada saat ini. Anatomi tulang manusia merupakan salah satu materi siswa SMA kelas XI yang membutuhkan media pembelajaran interaktif yang menyerupai kerangka tulang sesuai aslinya sehingga siswa mudah dalam mempelajari nama-nama tulang pada kerangka manusia. Media yang ada saat ini masih berupa visualisasi 2-dimensi dan berbasis offline. Dengan adanya teknologi X3DOM, media pembelajaran anatomi tulang manusia dalam visualisasi 3-dimensi dapat disajikan secara online dan mampu merepresentasikan tulang manusia sesuai aslinya sehingga mempermudah pengguna dalam mengakses media pembelajaran. Untuk mendapatkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna maka digunakan metode user-centered design dalam perancangannya. Perancangan aplikasi dengan metode user-centered design dapat meningkatkan usability aplikasi, selain itu juga membantu merancang aplikasi yang dibuat tetap sesuai dengan kebutuhan pengguna. Metode yang dilakukan meliputi specifying context of use, understand requirements, develop design proposal, dan evaluasi. Metode tersebut dilakukan dengan teknik wawancara, kuesioner, pengembangan prototype dan evaluasi yang dilakukan secara iteratif. Hasil perancangan aplikasi dengan metode user-centered design menghasilkan aplikasi dengan usability yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat success rate sebesar 100% yang berarti memenuhi aspek effectiveness. Dari segi learnable, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mengenali aplikasi adalah 3.971 detik yang berarti aplikasi memiliki antarmuka yang mudah digunakan. Kepuasan pengguna sebesar 81,44% yang berarti aspek user attitudes bernilai baik/sangat baik. Dengan demikian metode user-centered design mampu meningkatkan nilai usability aplikasi.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: sistem pembelajaran 3D, UCD, usability, X3DOM
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 30 Jun 2021 03:03
Last Modified: 30 Jun 2021 03:03
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4602

Actions (login required)

View Item View Item