PENGENALAN POLA TULISAN HIRAGANA DENGAN ADAPTIVE THRESHOLDING DAN PROJECTION HISTOGRAM

71160003, Aldo Kurnia Wicaksono (2020) PENGENALAN POLA TULISAN HIRAGANA DENGAN ADAPTIVE THRESHOLDING DAN PROJECTION HISTOGRAM. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71160003_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71160003_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Aksara Jepang sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu aksara Kanji, aksara Hiragana, dan aksara Katakana. Biasanya, di negara Jepang sendiri aksara Katakana dan aksara Hiragana sudah dipelajari semenjak berada pada taman kanak-kanak atau disebut TK. Bagi orang Indonesia tentu saja tidak mudah mempelajari aksara Jepang dikarenakan orang Indonesia lebih terbiasa menulis huruf dalam bentuk alfabet, sehingga orang Indonesia lebih mudah mempelajari aksara Inggris daripada aksara Jepang. Hal tersebut mengakibatkan orang Indonesia memerlukan waktu lebih lama dalam mempelajari serta menghafal aksara Hiragana. Pada penelitian ini, hasil terbaik pada program pengenalan karakter yang dibuat adalah akurasi 43,91%, error rate 56,09%, dan presisi 51,40% dengan jumlah k pada k-NN yang digunakan yaitu 9. Untuk hasil kurang baik pada pengenalan karakter adalah akurasi 41,96%, error rate 58,04%, dan presisi 50,86% dengan jumlah k pada k-NN yang digunakan yaitu 10.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengenalan karakter, Aksara Jepang, Hiragana, adaptive thresholding, projection histogram, euclidean distance, k-NN
Subjects: P Bahasa dan Literatur > Bahasa dan Sastra oriental
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
T Teknologi > Teknologi (Umum)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: mr akira rafhael
Date Deposited: 22 Oct 2020 01:57
Last Modified: 10 Jun 2021 01:47
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/4171

Actions (login required)

View Item View Item