PENGARUH SERVICE MARKETING MIX TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN USAHA JASA LAUNDRY DI KOTA YOGYAKARTA

11084685, KHENANYA GINARID (2012) PENGARUH SERVICE MARKETING MIX TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN USAHA JASA LAUNDRY DI KOTA YOGYAKARTA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11084685_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11084685_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh service marketing mix terhadap peningkatan volume penjualan usaha jasa laundry. Obyek penelitian ini adalah para pengusaha yang memiliki usaha laundry yang berlokasi pada wilayah Kota Yogyakarta. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana pengaruh para pengusaha laundry menerapkan service marketing mix yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, process, customer service untuk meningkatkan volume penjualan usaha jasanya. Data yang dicari dalam penelitian ini merupakan data primer melalui penyebaran kuesioner 100 pada para pengusaha laundry yang usaha laundrynya yang berlokasi di Kota Yogyakarta. Data responden diklasifikasikan menjadi dua yaitu profil responden dan profil usaha responden. Profil responden dibedakan menurut jenis kelamin, umur, dan pendidikan. Untuk Profil usaha responden dibedakan menurut lama membuka usaha, jumlah karyawan, jumlah mesin cuci dan status kepemilikan usaha. Pengujian instrumen data dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan hasilnya dinyatakan valid serta reliabel. Adapun analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS 17 for windows. Hasil perhitungan dengan menggunakan metode regresi linier berganda nilai Adjusted R Square adalah 0,343 atau 34,3 %. Di samping itu, diketahui bahwa tingkat signifikansi variabel bebas secara bersama-sama sebesar 0,000, dimana tingkat signifikansi variabel bebas secara simultan (bersama-sama) lebih kecil dari 0,05. Hal tersebut berarti variabel bebas secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Penelitian ini juga meneliti secara parsial (uji t) menghasilkan bahwa variabel product, place, promotion, dan customer service mempengaruhi peningkatan volume penjualan usaha jasa laundry. Selain itu, ditemukan bahwa variabel price, people, dan process tidak mempengaruhi peningkatan volume penjualan usaha jasa laundry di Kota Yogyakarta.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: service marketing mix, volume penjualan, jasa laundry
Subjects: H Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh > Manajemen. Manajemen Industri
H Ilmu Sosial > Perdagangan
H Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Ms Lea Destiany
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:05
Last Modified: 16 Sep 2020 04:05
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3860

Actions (login required)

View Item View Item