11094827, ABEDNEGO WIRAWAN (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO DAN HONDA VARIO DI YOGYAKARTA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Manajemen)
11094827_Bab1_Bab5_Daftarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Manajemen)
11094827_Bab2-sd-Bab_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Konsumen memiliki alasan tersendiri dalam memilih produk yang akan dikonsumsi, oleh karena alasan tersebut penting bagi perusahaan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen akan jenis produk yang ditawarkan. Sehingga perusahaan dapat menerapkan strategi yang tepat untuk menghadapi persaingan dengan perusahaan kompetitor. Yamaha dan Honda dikenal sebagai perusahaan dibidang otomotif sepeda motor yang sudah mempunyai nama dipasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu (eksploratory) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap Yamaha dan Honda di Yogyakarta. Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah variabel dependen yaitu minat beli dan variabel-variabel independen yang tersusun dan diuraikan berdasarkan marketing mix. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan Analisis Faktor dengan rotasi varimax. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer sejumlah 200 data yang diperoleh dari kuesioner yang di sebar kepada 100 orang yang menggunakan Yamaha Mio dan 100 orang yang menggunakan Honda Vario. Penelitian ini bertujuan mencari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang untuk memilih menggunakan Yamaha Mio dan Honda Vario. Profil responden terdiri dari : jenis kelamin, usia, pekerjaan, pendidikan, jumlah pengeluaran per-bulan, mengenai variabel terdiri dari 20 pertanyaan. Melalui karakteristik responden dan pertanyaan yang ada. Maka penelitian ini mendapatkan kesimpulan: Yamaha Mio memiliki 6 faktor terbentuk yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, yaitu faktor harga sesuai kualitas, spare part dan informasi, faktor kepercayaan, irit bahan bakar dan iklan, faktor warna dan pengaruh teman, faktor persepsi dan keluarga, faktor kualitas produk dan sistem kredit, dan faktor harga jual dan tempat/dealer. Sedangkan Honda Vario memiliki 5 faktor terbentuk yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, yaitu faktor harga sesuai kualitas, kepercayaan dan informasi meliputi, faktor perawatan, irit bahan bakar dan iklan, faktor warna dan pengaruh teman, faktor persepsi, keluarga, dan kualitas produk, dan faktor harga jual, sistem kredit dan informasi.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | produk, harga, kualitas, iklan |
Subjects: | H Ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) H Ilmu Sosial > Teori Ekonomi H Ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh > Manajemen. Manajemen Industri H Ilmu Sosial > Perdagangan |
Divisions: | Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | ms Dominggas Yembise |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 04:50 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 04:50 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3757 |
Actions (login required)
View Item |