IMPLEMENTASI METODE MINIMAX DAN BEST FIRST SEARCH UNTUK GHOST PADA PERMAINAN PACMAN

22094729, SANDY HENMAWAN (2014) IMPLEMENTASI METODE MINIMAX DAN BEST FIRST SEARCH UNTUK GHOST PADA PERMAINAN PACMAN. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22094729_Bab1_Bab5_Daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22094729_Bab2-sd-Bab4_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat, masih banyak hal yang bisa diteliti dalam bidang game, khususnya dalam game berbasis cerdas. Salah satu permainan yang cukup terkenal dan berbasis cerdas adalah pacman. Dalam permainan pacman terdapat musuh yang dinamakan ghost. Ghost inilah yang dapat dibuat dan diteliti untuk dibuat sesulit mungkin. Untuk membuat kecerdasan buatan dapat dilakukan dengan beberapa metode. Metode tersebut dapat digunakan untuk menentukan langkah yang akan ditentukan oleh ghost Dalam penelitian ini akan dilakukan pembuatan kecerdasan buatan untuk ghost pada permainan pacman. Ghost yang dibuat menggunakan 2 buah metode yaitu best first search dan minimax yang nantinya akan dibandingkan. Perbandingan yang dilakukan adalah dari tingkat kesulitan masing-masing metode dengan melakukan pengujian. Pengujian dilakukan dengan cara mengambil 5 pemain dan memainkan masing-masing metode sebanyak 10x. Dilakukan pengujian terhadap permainan yang telah dibuat dengan cara melakukan ujicoba. Lima orang akan memainkan sepuluh kali permainan dari masing-masing algoritma. Dari data yang telah didapat, dapat disimpulkan bahwa metode best first search dan minimax dapat diterapkan untuk ghost pada permainan pacman. Dari jumlah menang pada setiap user dapat disimpulkan bahwa Metode minimax memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dari best first search, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode minimax lebih efektif.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: pacman, ghost, minimax
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Mr Brayen Samuel Paendong
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:18
Last Modified: 09 Nov 2020 04:18
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3363

Actions (login required)

View Item View Item