22084608, RIKY LIUNG (2012) IMPLEMENTASI ALGORITMA NEGASCOUT DALAM PERMAINAN OTHELLO. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Informatika)
22084608_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (2MB) |
|
Text (Skripsi Informatika)
22084608_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembuatan aplikasi permainan yang memiliki sistem kecerdasan buatan dibuat dengan menanamkan kemampuan untuk mengambil keputusan pada kondisi yang dinamis. Pada permainan papan seperti Othello, kemampuan yang ditanamkan adalah berupa algoritma penelusuran tree. Pada umumnya permainan papan mengimplementasikan algoritma Alpha-Beta Pruning, namun dari beberapa sumber dikatakan bahwa algoritma Negascout lebih baik dibanding Alpha-Beta Pruning. Penulis membangun suatu sistem agen cerdas yang dapat melakukan permainan Othello. Agen cerdas yang dibuat nantinya akan dapat mengimplementasikan algoritma Negascout. Tujuan dalam penelitian ini adalah membandingkan efektifitas algortima Negascout dalam mengeksplorasi node-node langkah terbaik berserta waktu yang diperlukan dibandingkan algoritma alpha-beta pruning, serta menghitung persentase kemenangan pengguna melawan agen cerdas. Sistem yang dibangun oleh penulis menyatakan bahwa algoritma Negascout mengeksplorasi lebih sedikit node dan lebih sedikit waktu dalam pencarian langkah terbaik dibandingkan dengan algoritma alpha-beta pruning. Agen cerdas Negascout pada tingkat kedalaman pencarian sebesar 5 memiliki rata-rata persentase kemenangan 85% terhadap pengguna.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer |
Divisions: | Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika |
Depositing User: | Ms Lea Destiany |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 06:40 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 06:40 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3261 |
Actions (login required)
View Item |