PENCARIAN POLA DALAM PERMAINAN KATA DENGAN ALGORITMA KNUTH-MORRIS-PRATT

22033139, YOHANES FENDY HARYANTO (2012) PENCARIAN POLA DALAM PERMAINAN KATA DENGAN ALGORITMA KNUTH-MORRIS-PRATT. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
22033139_Bab1_Bab5_Daftapustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
22033139_Bab2-sd-Bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pencarian pola dalam permainan kata adalah pencarian sebuah kata dari sekumpulan huruf yang telah diacak. Kata adalah kumpulan dari karakter yang memiliki suatu makna tertentu. Pencarian pola dalam permainan kata ini merupakan salah satu aplikasi dari algoritma Knuth-Morris-Pratt (KMP). Karena pada pencarian pola dalam permainan kata ini dilakukan pencarian suatu kata. Algoritma KMP adalah algoritma untuk melakukan pencocokan string dari sebuah teks. Algoritma inimerupakan algoritma pencocokan string yang cukup ringkas dan tepat. Oleh karena itu pencarian pola dalam permainan kata tersebut dapat menggunakan algoritma Knuth-Morris-Pratt (KMP). Melalui skripsi ini, penulis membuat sebuah program untuk mencari pola yang ada dalam permainan kata dengan menggunakan algoritma Knuth-Morris-Pratt. Pada permainan pencarian kata tersebut, pengguna diajak untuk mencari sebuah pola dalam sebuah papan permainan yang berukuran 30x30, 35x35 dan 40x40. Pada papan permainan ukuran 30x30 jumlah pola kata yang dicari adalah 20 kata, 35x35 adalah 24 kata dan 40x40 adalah 28 kata. Dan penerapan algorimta Knuth-Morris-Pratt ini adalah dengan penggunaan pilihan bantuan untuk pengguna. Pilihan bantuan tersebut nantinya akan membantu pengguna menemukan sebuah pola dengan algoritma Knuth-Morris-Pratt. Dari hasil analisis dan percobaan yang dilakukan penulis, ditemukan kesimpulan bahwa algoritma Knuth-Morris-Pratt ini dapat diterapkan dalam progam pencarian pola yang dibuat penulis. Semoga kedepannya program ini dapat dikembangan menjadi lebih menarik dengan penambahan fitur-fitur lain seperti pengimplementasian jariangan, sehingga dapat dimainkan oleh dua orang atau lebih secara langsung.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: ms Dominggas Yembise
Date Deposited: 04 Aug 2020 06:20
Last Modified: 04 Aug 2020 06:20
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3237

Actions (login required)

View Item View Item