ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ELLA ORGANIC SKIN CARE DI KOTA SURAKARTA

11094763, SHEILLA AMANDA (2013) ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ELLA ORGANIC SKIN CARE DI KOTA SURAKARTA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Manajemen)
11094763_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (346kB)
[img] Text (Skripsi Manajemen)
11094763_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peranan sektor jasa semakin lama semakin luas dan canggih dalam perkembangannya. Kebutuhan konsumen akan sektor jasa semakin meningkat. Kenyataan tersebut menjadi suatu tantangan bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa untuk lebih mengembangkan usahanya. Klinik kecantikan dan perawatan kulit merupakan salah satu usaha di bidang jasa yang menguntungkan saat ini. Hal ini dikaitkan dengan keadaan pasar saat ini, bahwa masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga penampilan melalui perawatan kesehatan dan kecantikan kulit. Melihat situasi persaingan pada bisnis klinik kecantikan dan perawatan kulit, Ella Organic Skin Care sebagai salah satu klinik kecantikan dan perawatan kulit di Kota Surakarta membutuhkan usaha yang keras untuk menciptakan keunggulan kompetitif perusahaan. Perusahaan harus meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. Keberhasilan usaha tersebut sangat ditentukan oleh kemampuan perusahaan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas. Dengan latar belakang masalah di atas, penulis melakukan penelitian yang berjudul ” Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Ella Organic Skin Care di Kota Surakarta”. Penelitian ini menguji pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Ella Organic Skin Care Surakarta. Variabel-variabel dimensi kualitas pelayanan meliputi keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (tangibles) sebagai variabel bebas. Kepuasan pelanggan merupakan variabel terikat dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan di Kota Surakarta. Responden yang diteliti adalah 100 orang yang bertempat tinggal di Surakarta dan yang membeli produk atau menggunakan jasa perawatan kulit serta mengetahui tentang klinik perawatan kulit Ella Organic skin Care di Jalan Dr. Supomo no. 71 , Surakarta. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji validitas dan reliabilitas,analisi presentase dan analisis regresi berganda, uji signifikansi yaitu uji t dan uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelima variable dimensi kualitas pelayanan (variable bebas) memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Ella Organic Skin Care Surakarta(variable terikat) baik secara parsial maupun simultan.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: dimensi kualitas pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles) dan kepuasan pelanggan.
Subjects: H Ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
H Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
H Ilmu Sosial > Perdagangan
H Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:24
Last Modified: 24 Aug 2020 04:24
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3083

Actions (login required)

View Item View Item