11094759, THERESIA AYU TITISARI (2013) ANALISA KUALITAS LAYANAN SEBAGAI PENGUKUR KEPUASAN KONSUMEN INDRALOKA HERITAGE HOMESTAY. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
Text (Skripsi Manajemen)
11094759_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf Download (374kB) |
|
Text (Skripsi Manajemen)
11094759_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan bisnis dalam bidang jasa penginapan pada saat ini berkembang cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya hotel – hotel baru yang bermunculan. Hotel – hotel yang ada pun menawarkan berbagai keunggulan, baik dari segi produk yang ditawarkan, harga pada produk, hingga tempat yang mendukung tercapainya sebuah transaksi. Perkembangan yang pesat ini juga menimbulkan sebuah persaingan dalam mendapatkan konsumen. Sejalan dengan hal ini juga menimbulkan tantangan bagi bisnis jasa penginapan (Indraloka Heritage Homestay). Salah satu strategi yang dilakukan dalam mempertahankan konsumen adalah dengan memberikan pelayanan yang sangat baik dan berkualitas. Dengan kualitas pelayanan yang optimal, maka diharapkan pihak yang bersangkutan dengan bisnis jasa penginapan tersebut mampu memenuhi harapan konsumennya. Rumusan masalah dalam penelitan ini adalah bagaimana pengaruh kualitas pelayanan (service quality) dilihat dari lima variabel : kehandalan (reliability), kondisi fisik hotel (tangibles), daya tanggap pelayanan (responsiveness), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy) sebagai pengukur kepuasan konsumen Indraloka Heritage Homestay. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kualitas layanan sebagai pengukur kepuasan konsumen Indraloka Heritage Homestay. Pada penelitian ini penulis mengambil responden sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y=-0.265-0.011 X1 + 0.012 X0,518. Berdasarkan analisis yang diperoleh dari analisis tersebut, diperoleh hasil bahwa variabel kehandalan dan kondisi fisik hotel tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan variabel daya tanggap pelayanan, jaminan, dan kepedulian berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sehingga Indraloka Heritage Homestay perlu memperbaiki faktor – faktor yang dinilai belum baik dan mempertahankan serta meningkatkan faktor yang sudah baik.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas layanan, kehandalan, kondisi fisik hotel, daya tanggap pelayanan, jaminan, kepedulian, kepuasan pelanggan. |
Subjects: | H Ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum) H Ilmu Sosial > Teori Ekonomi H Ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan Lahan. Buruh H Ilmu Sosial > Perdagangan |
Divisions: | Fakultas Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | ms priska lim |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 03:45 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 03:45 |
URI: | http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3075 |
Actions (login required)
View Item |