SIMULASI TRANSAKSI ATM MULTIMEDIA MENGGUNAKAN WPF APPLICATION

23080389, DANIAR DWI HARTOMO (2013) SIMULASI TRANSAKSI ATM MULTIMEDIA MENGGUNAKAN WPF APPLICATION. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23080389_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (663kB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
23080389_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sesuai perkembangan teknologi, mesin ATM menjadi alat yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat. Hal ini akan selalu mendorong pengguna untuk mampu menggunakan atm bahkan untuk orang yang tidak pernah menggunakan teknologi komputer sekalipun. Banyak dari pengguna yang tidak paham akan penggunaan ATM baik yang sudah lama memakainya, maupun yang jarang menggunakan. Daya serap dan proses pemahaman serta antusias pengguna sangat kurang apabila dengan menggunakan tampilan yang hanya mengandalkan teks. Terlebih daya tangkap pengguna dengan melihat saja hanya 20% kemampuan mengingat, 30 % dari yang didengar, 50% dari yang didengar dan dilihat, serta 80% dari yang dilihat didengar dan dilakukan. Hal ini yang menjadi alasan penulis untuk membuat simulasi ATM Multimedia. Proses perancangan melibatkan nasabah sebanyak 41 orang. Perancangan dari wawancara didapatkan untuk menyusun menu, serta mengetahui kendala bagi setiap pengguna ATM secara umum. Setiap menu yang dihasilkan selalu memperhatikan konten agar setiap proses penerapan multimedia tidak mengganggu konten yang semestinya. Simulasi ini tidak lepas juga dari rangkaian table yang akan mencatat setiap data nasabah dan transaksi nasabah agar informasi yang disajikan tetap tersaring dan tertata. Pemasangan foto, informasi nominal dengan text to speech, dan suara instruksi dari sistem akan dirancang untuk mendukung jalannya proses transaksi. Penulis melakukan wawancara kepada pengguna ATM di lapangan, kemudian melakukan perancangan fungsi dan tampilan guna untuk memenuhi kebutuhan dari pengguna ATM. Penulis mengimplementasikan rancangan dengan menggunakan tool pendukung WPF Application. Tools ini mampu menerapkan konsep multimedia, baik dari animasi gerak, suara, teks, gambar, dan yang terutama tidak meninggalkan fungsi dari setiap konten yang ada. Penelitian selanjutkan menggunakan proses uji coba pada 30 responden untuk melakukan penilaian apakah simulasi ATM Multimedia mampu memenuhi proses belajar bagi pengguna atau tidak. Hasil kuisioner ditemukan bahwa, ATM Multimedia ini mampu memenuhi pemahaman, kenyamanan, kegunaan bagi pengguna. Penulis juga dapat menyimpulkan bahwa WPF mampu memenuhi pembuatan ATM multimedia. Penelitian ini membuka ide baru untuk membangun tampilan multimedia yang lebih menarik, interaktif, serta lebih modern sehingga pengguna lebih antusias untuk menggunakannya setiap waktu.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Simulasi, ATM , Multimedia, Nasabah, WPF Application
Subjects: H Ilmu Sosial > Keuangan
Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Komputer Elektronik. Ilmu Komputer
Z Bibliografi. Ilmu Perpustakaan. Sumber Informasi > Sumber-sumber Informasi > Sumber Informasi Elektronik
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: ms priska lim
Date Deposited: 11 Aug 2020 06:10
Last Modified: 11 Aug 2020 06:10
URI: http://katalog.ukdw.ac.id/id/eprint/3023

Actions (login required)

View Item View Item